8 Desain Pagar Rumah yang Tidak Monoton

Saat merancang sebuah hunian, anda pasti akan memperhatikan semua detail rumah anda termasuk desain pagar rumah. Pagar rumah sering difungsikan untuk menjaga keamanan rumah. Namun sebuah desain pagar rumah juga tidak kalah penting. Memilih desain pagar rumah harus diselaraskan dengan desain fasad (tampak depan), karena hal ini saling berkaitan satu sama lain. Kemudian mendekorasi sebuah pagar rumah pun harus disesuaikan dengan kebutuhan dan lingkungan.

saat anda berniat membeli rumah atau mengajukan KPR untuk rumah anda juga harus memperhatikan jenis dan model rumah yang mau dibangun.

Desain pagar rumah dibagi menjadi dua yaitu dinding dan pintu pagar. Untuk membuat dinding pagar, hal pertama yang harus ditentukan adalah tinggi pagar rumah anda. Standar ukur pagar sendiri adalah 1,8-2,5 meter. Sedikit tips, apabila rumah anda berada di kawasan yang ramai, pilihlah pagar rumah yang tertutup demi keamanan dan kenyamanan.

desain pagar rumah
desain pagar rumah

Pagar bergaris dari besi

Menggunakan besi sebagai material utama pada pagar rumah memang banyak dilakukan di rumah-rumah berkonsep kekinian. Desain pagar rumah bergaris besi ini akan membuat rumah anda terlihat sederhana atau minimalis tapi elegan. Selain berfungsi sebagai pengaman, pagar rumah bergaris besi juga mempertegas fasad rumah.

Pagar rumah kayu

Jika anda ingin membuat desain pagar rumah dari kayu, sebaiknya gunakan jenis-jenis kayu yang tahan air seperti jenis kayu ulin, merbau, dan jati. Kebanyakan orang-orang lebih menyukai dan memilih kayu merbau sebagai material pagar karena harganya relatif terjangkau.
Desain pagar rumah dari kayu juga bisa diaplikasikan dengan berbagai pilihan warna-warna alami seperti putih, abu-abu beton, hitam dan cokelat yang memberikan kesan minimalis, simpel dan menyatu dengan alam.

Pagar rumah kombinasi besi dan kaca

Anda menginginkan pintu pagar yang minimalis. Gampang saja? Desain pintu pagar minimalis dibuat dengb model serupa kusen jendela. Anda bisa menggunakan tempered glass dengan ketebalan 1 cm agar lebih kokoh dan aman. Memang semakin tebal dan berat tempered glass ini harganya juga meningkat.

Pagar rumah dari batu alam

Desain pagar rumah dari batu alam sekarang ini memang banyak peminatnya. Pagar rumah dari batu alam memang memberikan efek hunian masa kini yang keren, minimalis dan terkesan alami. Dilihat dari segi harga, desain pagar rumah dari batu alam lebih efisien dan ekonomis karena tidak memerlukan coating cat. Selain itu, pagar batu alam lebih awet dan bisa digunakan sampai kurun waktu 20 bahkan 30 tahun lamanya dibandingkan material lainnya.

Desain pagar rumah menyatu dengan seluruh bangunan

Desain pagar rumah yang menyatu dengan seluruh bangunan memang diterapkan pada bangunan rumah yang mengusung konsep masa kini. Jika anda mendesain pagar rumah anda seperti ini, berarti perencanaan dan konsep minimalis sudah terlihat jelas. Karena konsep minimalisnya sendiri ada pada komponen keseluruhan bangunan.

Pagar panel dari kaca

Bahan pagar jenis ini memang memanjakan mata dan memberikan aksen arsitektural. Panel tersebut terbuat dari bahan kaca atau bahan akrilik. Sebaiknya anda memasang panel dengan atau tanpa celah. Anda juga bisa membuat skema rancangan yang diinginkan baik dari warna tekstur dan gaya panel sesuai pilihan.

desain pagar rumah
desain pagar rumah

Pagar besi dengan finishing tembaga

Apabila anda memiliki hunian dengan desain fasad atau tampak depan rumah berwarna akromatik yaitu warna-warna seperti abu-abu, putih dan hitam, akan cocok apabila dipadukan dengan warna tembaga. Hal ini akan memberikan efek pagar rumah anda terkesan mencolok. Jika pagar rumah anda dari material besi tembaga tersebut berkarat justru membuat tampilan desain rumah anda lebih menarik.

Pagar rumah dari beton

Mungkin anda ingin memiliki pagar rumah anda yang kokoh. Pagar rumah dari beton ini sungguh sangat cocok. Pasalnya, beton atau yang disebut unpolished concrete memang sedang tren untuk digunakan pada dinding pagar. Agar terlihat lebih menarik dan punya nilai estetika sebaiknya buatlah dinding pagar yang terbagi menjadi dua bagian atas dan bawah. Untuk bagian atas anda bisa gunakan besi dan wire mesh sedangkan bagian bawah gunakan beton tersebut.

Diatas adalah beberapa desain pagar rumah yang anda bisa diterapkan di rumah. Jika anda memiliki ide lain silahkan taruh ide anda di komentar dibawah. Pagar rumah juga bisa di desain dan dimodifikasi tergantung anggaran dan keinginan serta selara anda.

2 Comments

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *