Hutan Mangrove Jogja yang Penuh Rahasia

Hutan Mangrove Jogja salah satu destinasi wisata wajib di jogja. Tidak diragukan lagi bahwa daerah istimewa Yogyakarta memiliki beragam destinasi wisata yang menarik. Semuanya wajib kita kunjungi mulai dari ketinggian perbukitan menorah hingga pantai pantainya yang indah nan cantik .

Salah satunya adalah kawasan hutan mangrove atau bakau yang letaknya berada di pojok barat dekat dengan perbatasan antara Yogyakarta dan jawa tengah, wisata mangrove ini berada di kecamatan temon, jarak yang harus di tempuh dari kota Yogyakarta sekitar 48 kilometer dengan estimasi waktu kurang lebih 1 jam 30 menit, rute termudah pertama adalah melalui jalan utama Yogyakarta – wates- purworejo.

Sekilas Info Wisata Hutan Mangrove Jogja

hutan mangrove jogja
mei

Selain pengunjung bisa menikmati keunikan hutan mangrove ini, pengunjung juga bisa melihat pemandangan sunset di pesisir pantai pasir mendit yang ada di selatan. Sebagai informasi, hutan mangrove jogja ini berada di baratnya pantai glagah.

Kawasan hutan mangrove ini berada di satu deretan dengan tempat dengan nama yang berbeda seperti hutan mangrove wana tirta ( barat ), mangrove jembatan api – api ( tengah),  dan mangrove pantai pasir kadingalu ( timur ).

Rute Menuju Kawasan Wisata Hutan Mangrove

hutan mangrove kadilangu
quesha

Wisata hutan mangrove jogja ini letakya berada di desa jangkaran (pasir mendit) kecamatan temon, kabupaten kulon progo, Yogyakarta. Adapun rute perjalanan nya cukuplah mudah dari kota Yogyakarta bisa di tempuh dengan estimasi waktu 1 – sampai 2 jam. Ruute ke tempat wisata ini jika dari arah jogja maka kea rah Jl wates – purworejo.

Sampai di pos polentas dekat rumah makan murah meriah ke arah kiri arah jl. Daendels. Lalu melewati jembatan sungai bogowonto. Sampai di pustu jogoboyo ke kiri ikuti petunjuk arah mangrove. Jika masih bingung jangan sungkan bertanya kepada warga sekitar.

Untuk rute dari arah purworejo atau kebumen bisa melewati jalan utama arah ke jogja sampai ke tugu batas jateng-yogyakarta. Lalu sampai di pos polantas ke kanan kea rah jl,daendels ke arah kanan lewat jembatan sungai bogowonto dan ikuti petunjuknya.

Spot/Objek Menarik di Hutan Mangrove

hutan mangrove kulon progo
asha

Di awal masuk area hutan mangrove jogja pengunjung akan disambut oleh sebuah jembatan unik yang terbuat dari bamboo sebagai jalan utama. Para pengunjung juga bisa melihat banyaknya tanaman mangrove di sekeliling kanan dan kiri.

Para pengunjung atau pelancong juga bisa menjumpai ikan glodog, sumpil dan kepiting bakau yang ada di bawah jembatan. Ada juga spot yang kekinian yang bisa pengujung gunakan sebagai spot berfoto bersama teman teman maupun keluarga di hutan taman mangrove kulon progo.

Nah buat pengujung yang ingin melihat pantai bisa langsung jalan ke selatan melewati jembatan bambu. Namun pantai ini dilarang di gunakan untuk mandi karena berbahaya. tempat wisata ini romantis untuk pasangan.

Selain itu juga pengunjung bisa naik perahu jika ingin melihat pemandangan sekitar mangrove. Lanjut ke arah goa mangrove yang katanya disana terdapat banyak nyamuk dan lembab. Dalam perjalanan ada banyak sekali spot spot yang cocok untuk dijadikan tempat berfoto. Di dekatnya ada tempat untuk bersantai di bawah pohon rindang.

Dan di sebelah timurnya ada ayunan dan spot menarik dengan tulisan yang kekinian. Sampai di pintu masuk goa mangrove ada jembatan yang akan kamu lewati dinamakan dengan jembatan kenangan. Karena disana banyak sekali nyamuk disarankan untuk membawa obat oles anti nyamuk. Memasuki hutan dengan jalan setapak yang terbuat dari rangkaian bambu, dan di tengah hutan ada spot love yang bisa pengunjung temui. Tentu sangat cocok untuk dijadikan spor berfoto terutama bersama pasangan.

Di sisi utara ada beberapa ayunan yang bisa digunakan pengunjung hanya untuk sekedar bersantai. Dan disebelah kirinya ada sebuah gazebo pengunjung bisa besantai sambil berfoto disekitar are tersebut.

Spot lainnya yang tidak kalah menarik dari goa mangrove adalah jembatan api-api. Ada banyak teman yang unik dan bagus untuk dijadikan tempat berfoto di spot ini terkhusus bagi pengunjung yang sangat eksis maka spot ini sangatlah cocok. Di awal masuk pengunjung akan disambut dengan jembatan unik dari kayu dan bambu, di samping jembatan ada tambak udang.

Di pintu masuk ada spot tulisan dari nama tempat wisata ini tentu cocok untuk dijadikan background berfoto para pelancong. Nama jembatan api api ini sendiri di ambil dari tanaman mangrove jenis api-api yang tumbuh di sekitar area tempat wisata ini. Banyak sekali spot menarik di area jembatan api-api ini. Maka datanglah dan segera buktikan sendiri betapa menarik nya kawasan ini. Pengunjung hutan mangrove jogja pasti akan betah untuk berlama-lama.

Harga Tiket Hutan Mangrove

Hutan Mangrove Jogja yang Penuh Rahasia 1
joship

Kawasan ini sendiri buka pada jam 06.00 WIB sampai 18.00 WIB. Ada bagusnya pengunjung datang ke hutan mangrove jogja ini saat cuaca yang cerah. Untuk harga tiket sendiri cukuplah ramah dikantong hanya Rp4.000-per,- orang tarif parkir motor Rp2000,-, Mobil Rp5000,-, dan untuk bus Rp10.000,-. Harga ini sama dengan tarif kesetiap wisata di kawasan hutan mangrove ini

Bagaimana jadi ingin kesini ? tidak ada salahnya buat anda yang kebetulan ada di jogja untuk berwisata ke hutan mangrove jogja. Untuk sekedar liburan, refreshing bersama keluarga maupun teman teman .

Dan itulah sedikit artikel kali ini semoga bisa membantu , sekian dan terimakasih.

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *