Keindahan dan Rahasia Masjid Agung Meulaboh

masjid agung meulaboh

Masjid Agung Meulaboh – Masjid sangat terkenal di Tepi laut Barat serta Selatan, Provinsi Aceh. Posisinya di Jalur Imam Bonjol, No 100, Desa Drien Rampak, Kecamatan Johan Pahlawan, Kabupaten Aceh Barat. Posisi tepatnya di jantung Kota Meulaboh, pusat kota dari Aceh Barat.

Masjid itu formal digunakan tahun 1999 silam. Awal mulanya, konsep masjid ini tanpa pagar. Belum lama, hewan ternak jadi hambatan utama. Sampai Pemerintah Kabupaten Aceh Barat membuat pagar.

Di luar pagar dibentuk halaman di tiap sudut masjid. Halaman kecil itu dapat digunakan buat warga bersantai sambil menunggu waktu shalat datang.

Ukiran kaligrafi bertinta kuning mirip emas melingkar di segala bangunan masjid.

Bukan cuma itu, tiang masjid dibentuk kuat lengkap dengan corak merah dipadupadan dengan kuning emas. Perpaduan corak merah serta kuning emas menaikkan kesan agung pada masjid ini.

Masjid Agung Baitul Makmur dibentuk di atas lahan seluas

  1. 000 m persegi, membuat masjid ini mempunyai halanan nan luas.

Terdapat 4 gerbang utama di segala sisi masjid, sehingga warga dengan gampang mengakses masuk- keluar ke lingkungan masjid.

Masjid sanggup menampung sebanyak 7. 000 jamaah, membuat masjid itu jadi terbanyak di Aceh Barat.

Sebaliknya bangunannya sendiri mempunyai luas 3. 500 m persegi.

Di dalam masjid rasakanlah kesegaran. Sangat sejuk serta aman dikala beribadah. Sebagian jamaah nampak mengaji usai shalat serta sebagian yang lain berbincang santai.

Rahasia Keindahan Masjid Agung Melaboh

masjid agung meulaboh
masjid agung baitul makmur

Salah seseorang jamaah, Junaidi Mulieng, berkata konsep utama masjid itu perpaduan Timur Tengah serta Aceh. Sehingga, corak keemasan, hijau serta merah jadi karakteristik utama masjid.

Tidak hanya itu, bila berdiri dari lantai 2 masjid, sangat nampak indah taman masjid. Ditemani semilir angin yang begitu terasa memegang kulit.

Tidak hanya itu, banyak spot gambar menarik di masjid ini. Mulai ornamen tiang, aneka bunga dengan latar balik masjid serta lain sebagainya.

Tidak heran, usai shalat, ramai jamaah menyempatkan diri difoto.“ Untuk turis, rasanya belum lengkap ke Meulaboh bila belum difoto di masjid ini,” kata Junaidi.

Tetapi, ia menggarisbawahi, ke masjid bukan semata- mata gambar. Tetapi spesial beribadah.

“ Jadi tujuan utamanya pasti ibadah, bukan gambar,” terangnya.

Masjid Agung Baitul Makmur terus menjadi mengukuhkan Aceh bagaikan wilayah syariat Islam. Begitu kaya hendak keelokan masjid, tersebar di beberapa wilayah di ujung Pulau Sumatera itu.

Silakan mampir, semacam kata Junaidi belum lengkap ke Meulaboh apabila belum ke Masjid Agung Baitul Makmur

Belum legal rasanya bila ke Aceh Barat belum berkunjung ke masjid Agung Baitul Makmur Meulaboh. Hanya berswafoto ataupun mampir sholat merupakan harus jika kalian terletak di Aceh Barat. Masjid termegah di Tepi laut Barat Selatan ini pula masuk ke catatan salah satu dari 100 mesjid terindah di Indonesia dalam novel yang disusun oleh Teddy Tjokrosaputro serta Aryananda terbitan PT Andalan Media, Agustus 2011. Posisi masjid terletak di jalur Imam Bonjol, Desa Seuneubok, Kecamatan Johan Pahlawan, Aceh Barat.

Masjid ini jadi objek wisata religi untuk warga setempat ataupun tamu yang tiba kesana. Masjid yang didominasi corak coklat serta nuansa keemasan ini di rancang oleh arsitek Ir. Alwin serta Profesor Dokter. H. Idris dengan sentuhan style arsitek Timur Tengah, Asia serta Aceh. Ditetapkan pada bertepatan pada 1 Juni 1999 dengan energi tampung lebih dari 7. 000 jamaah.

Dikala merambah masjid ini, hendak nampak banyak tiang penyangga di tiap sisi serta perasaan sejuk yang membuat siapa saja betah berlama- lama di dalamnya. Tidak tidak sering terdapat sebagian orang yang singgah dari ekspedisi jauh buat istirahat di sudut mesjid, semata- mata melepas penat apalagi hingga tertidur pulas.

Masjid sangat terkenal di Tepi laut Barat serta Selatan, Provinsi Aceh. Posisinya di Jalur Imam Bonjol, No 100, Desa Drien Rampak, Kecamatan Johan Pahlawan, Kabupaten Aceh Barat. Posisi tepatnya di jantung Kota Meulaboh, pusat kota dari Aceh Barat. Masjid itu formal digunakan tahun 1999 silam. Awal mulanya, konsep masjid ini tanpa pagar. Belum lama, hewan ternak jadi hambatan utama. Sampai Pemerintah Kabupaten Aceh Barat membuat pagar.

Baca Juga  Pantai Lanaga

Masjid Agung Baitul Makmur dibentuk di atas lahan seluas 6000 m persegi, membuat masjid ini mempunyai halanan nan luas. Terdapat 4 gerbang utama di segala sisi masjid, sehingga warga dengan gampang mengakses masuk- keluar ke lingkungan masjid. Masjid sanggup menampung sebanyak 7. 000 jamaah, membuat masjid itu jadi terbanyak di Aceh Barat. Sebaliknya bangunannya sendiri mempunyai luas 3. 500 m persegi.

Di dalam masjid rasakanlah kesegaran. Sangat sejuk serta aman dikala beribadah. Sebagian jamaah nampak mengaji usai shalat serta sebagian yang lain berbincang santai. Salah seseorang jamaah, Junaidi Mulieng, berkata konsep utama masjid itu perpaduan Timur Tengah serta Aceh. Sehingga, corak keemasan, hijau serta merah jadi karakteristik utama masjid. Tidak hanya itu, bila berdiri dari lantai 2 masjid, sangat nampak indah taman masjid. Ditemani semilir angin yang begitu terasa memegang kulit.

Masjid Agung Meulaboh ialah masjid yang terletak di Aceh Barat dengan arsitektur indah yang mencampurkan antara style Aceh, Timur Tengah serta Asia. sebagai salah satu tempat wisata meulaboh aceh barat, anda wajib mengunjungi tempat ini.

Provinsi Aceh memanglah sudah lama diketahui dengan wilayah yang sangat kental hendak nuansa Islam. Budaya serta adat istiadat melayu pula hendak terasa bila berkunjung ke provinsi yang terletak di ujung Pulau Sumatra ini. Tidak heran, bila banyak ditemui masjid dengan bermacam- macam style arsitektur yang tidak dapat dipungkiri keindahannya. Salah satunya merupakan Masjid Agung Meulaboh yang jadi salah satu masjid kebanggaan warga Aceh.

Masjid Agung Meulaboh ialah salah satu masjid terbanyak yang terdapat di Aceh. Keelokan dari masjid ini telah tidak butuh diragukan. Apalagi masjid ini masuk dalam 100 Masjid Terindah di Indonesia yang ialah suatu novel buah karya Teddy Tjokrosaputro serta Aryananda. Masjid ini populer hendak luas taman dan arsitektur yang memadukan antara style Aceh, Timur Tengah, serta Asia.

Masjid Agung Meulaboh

masjid agung meulaboh baitul makmur
masjid agung meulaboh

Secara administratif, Masjid Agung Melaboh terletak pada Jalur Imam Bonjol 100, Desa Seuneubok, Kec. Johan Pahlawan, Meulaboh, Kab. Aceh Barat, Provinsi Aceh. Buat mengarah ke posisi masjid ini, wisatawan paling tidak wajib menempuh jarak 3 km dari pusat Kota Meulaboh. Letak masjid yang terletak di pusat Kota Meulaboh, menjadikan para jamaah yang mau beribadah ataupun menikmati kemegahan bangunan dari masjid ini gampang buat menjangkaunya.

Kala merambah pintu gerbang masjid, wisatawan hendak langsung disambut dengan megahnya masjid dengan kubah besar yang bercorak merah bata. Atmosfer rindang yang terdapat di taman masjid, pula hendak membuat siapa saja betah berlama- lama di masjid ini. Masjid ini ialah tempat berkumpul para jamaah spesialnya dari warga Meulaboh.

Sejarah Masjid Agung Meulaboh

Ilham dari pembangunan masjid ini awal kali timbul dari Malik Ridwan Badai, SH yang kala itu merupakan pemimpin Kabupaten Aceh Barat. Dibantu dengan tokoh warga setempat, pemerintah merancan pilar pembangunan yang terdiri dari 3 bidang. Awal di bidang pembelajaran yang jadi cikal bakal Universitas Teuku Umar, bidang sosial serta agama serta bidang berolahraga.

Dalam bidang berolahraga, diisyarati dengan pembangunan Stadion Alue Peunyareng Meureubo sebaliknya di bidang sosial agama pemerintah Aceh Barat berencana membangun suatu masjid. Perihal ini disebabkan Masjid Nurul Huda yang tadinya jadi masjid utama Kabupaten Aceh Barat tidak lagi dapat menampung jumlah jamaah.

Pembangunan masjid juga diawali pada tahun 1987 dengan diisyarati dengan peletakan batu awal. Pada mulanya, Masjid Agung Meulaboh direncanakan hendak menganut desain mirip Taj Mahal ialah didominasi corak putih. Tetapi rencana tersebut urung dilaksanakan, desainnya juga lebih modern dengan menjajaki tren yang terdapat.

Masjid kebanggaan warga Aceh, spesialnya Melaboh ini mempunyai luas bangunan dekat 3. 500 m persegi, serta dibentuk diatas lahan seluas 5, 2 hektar. Konon, masjid ini sanggup menampung sampai 7. 000 jamaah secara langsung. Peresmian Masjid Agung Meulaboh sendiri dicoba tepatnya pada bertepatan pada 1 Juni 1999.

Baca Juga  Pantai Ujong Batee Puteh Aceh

Dalam pemilihan nama sendiri pernah timbul sebagian gagasan bagaikan nama lain dari masjid ini. Sebagian nama yang jadi usulan merupakan, Darussalam, Angkatan laut(AL) Huryah, Angkatan laut(AL) Achsan, Angkatan laut(AL) Hilal serta masih banyak lagi. Tetapi tampaknya dari sebagian nama yang diusulkan tersebut, tidak terdapat satu juga nama yang diseleksi jadi nama masjid ini.

Kesimpulannya pada tahun 2008, dengan Pesan Keputusan Bupati dan persetujuan dari Majelis Permusyawaratan Universal Aceh Barat hingga disahkan kalau nama dari masjid ini merupakan Masjid Agung Baitul Makmur. Tetapi sebagian warga pula masih banyak yang menyebut masjid ini dengan nama Masjid Agung Meulaboh.

Masjid Agung Meulaboh pula jadi saksi bisu hendak kedahsyatan gelombang tsunami yang meluluh lantahkan Aceh pada Desember, 2004. Ribuan masyarakat mengungsi dimasjid ini sebab rumah masyarakat yang sudah sirna diterjang gelombang tsunami. Masjid pula jadi tempat pendistribusian dorongan dengan menggunakan helikopter yang dapat mendarat di taman masjid.

Pesona Masjid Agung Meulaboh

Keelokan yang ditawarkan oleh Masjid Agung Meulaboh hendak langsung terasa kala terletak di pintu gerbang utama masjid. Pintu ini posisinya kurang lebih 50 m dari bangunan utama masjid. Gerbang tersebut menganut desain khas Timur Tengah yang terlihat megah serta indah. Masjid ini paling tidak mempunyai 3 buah gerbang disisi utara, barat serta timur.

Kala merambah taman masjid, hendak terasa atmosfer sejuk serta rindang. Sejauh mata memandang hendak nampak taman luas yang dipadati dengan rerumputan hijau. Taman masjid ini pula ditumbuh bermacam pepohonan semacam tumbuhan palem serta cemara. Sebagian taman dilengkapi dengan batako, buat akses jalur mengarah ke masjid.

Masjid ini mempunyai 2 lantai yang mempunyai desain arsitektur yang berbeda. Dari luar masjid hendak nampak jelas 3 buah kubah utama masjid yang didampingi dengan 2 kubah tower air di sisi kanan serta kiri. Segala kubah tersebut mempunyai corak identik dan corak yang sama ialah merah bata. Wujud kepala dari kubah ini membulat dengan bagian atas yang meruncing.

Tetapi dimensi dari kubah utama serta kubah tower air ini berbeda, kubah utama mempunyai dimensi lebih besar dari kubah tower air. Desain tersebut ialah perpaduan antara style arsitektur khas Asia serta Timur Tengah.

Pesona dari Masjid Agung Meulaboh hendak terus menjadi terasa kala merambah bagian dalam masjid. Hendak terlihat 2 ruangan dengan konsep desain yang berbeda. Pada ruangan awal, wisatawan hendak memandang ruangan yang dipadati dengan tiang- tiang. Tiang- tiang ini ialah tiang penyangga buat lantai 2 bangunan masjid.

Sebaliknya pada ruang kedua, hendak terasa atmosfer berbeda dengan ruangan luas tanpa penyangga yang dilengkapi dengan lampu hias dibagian tengah. Style khas dari Timur Tengah pula bisa ditemui kala memandang wujud mihrab yang didominasi dengan corak coklat keemasan. Tidak hanya itu, dinding- dinding dan tiang penyangga masjid pula berhiaskan ornamen serta ukiran yang mewakili style arsitektur khas Aceh.

Sarana Masjid Agung Meulaboh

Sarana yang ada pada Masjid Agung Meulaboh ini bisa dikatakan lumayan lengkap. Ada wc, dan zona parkir sangat luas yang bisa menampung kendaraan para jamaah semacam mobil serta motor. Pepohonan yang terdapat disekitar zona parkir pula jadi nilai tambah tertentu, sehingga menjadikan atmosfer yang teduh serta rindang.

Tidak hanya itu, zona masjid pula dilengkapi dengan halaman yang dihiasi lampu- lampu. Atmosfer malam hendak terasa sangat indah, dipadukan terangnya lampu halaman disamping masjid yang berdiri megah. Tidak cuma jadi tempat ibadah untuk umat Islam, namun di masjid ini pula mempunyai guna pembelajaran. Ada Madrasah Tsanawiyah sampai TK yang bernuansa Islami di dalam masjid ini.

Untuk turis serta wisatawan yang mau menginap disekitar masjid, ada sebagian hotel serta penginapan yang dapat disewa. Hotel serta penginapan ini bisa disewa dengan harga bervariatif cocok dengan sarana yang mereka tawarkan.

Masjid Agung Meulaboh memanglah mempunyai pesona yang terletak pada keelokan arsitekturnya. Berikut aktivitas- aktivitas yang bisa dicoba wisatawan dimasjid tersebut.

Wisata Religi

masjid agung baitul makmur meulaboh
pic google

Masjid Agung Meulaboh ialah destinasi yang sangat sesuai untuk kalian yang mau melancong religi. Bila tengah terletak di Meulaboh, sempatkanlah mampir ke masjid yang megah ini. Kalian dapat berkunjung bila mau melaksanakan ibadah sholat. Masjid ini ialah tempat berkumpulnya warga Meulaboh, yang memanglah ialah tujuan dibangunnya masjid ini ialah melindungi silaturahmi antar masyarakat.

Baca Juga  Pantai Lhoknga Keindahan, Lokasi, Rute, Makanan dan Foto Terbaru

Melaksanakan ibadah sholat di masjid ini hendak membagikan pengalaman tertentu untuk para wisatawan. Tidak hanya menghadap kepada Tuhan Yang Maha Esa, wisatawan pula dapat menjalakan silahturahmi dengan masyarakat. Tidak cuma itu, keelokan masjid pula jadi energi tarik yang sayang buat dilewatkan.

Tidak hanya mempunyai guna utama bagaikan tempat beribadah, Masjid Agung Meulaboh pula menawarkan pesona didalam keelokan arsitekturnya. Masjid ini mengadopsi sebagian style arsitektur ialah dari Timur Tengah, Aceh serta Asia yang dipadukan jadi suatu bangunan yang berdiri megah serta mempesona.

Wisatawan dapat memandang keelokan masjid dari bermacam ornamen dan perinci ukiran disetiap bilik, dan tiang- tiang penyangga masjid. Tidak hanya itu, masjid pula mempunyai taman luas yang ditumbuhi pepohonan rindang sehingga menjadikan atmosfer yang sejuk serta teduh. Taman ini sangat sesuai buat istirahat sejenak untuk turis yang lagi melaksanakan ekspedisi jauh.

Bila kalian mempunyai hobi memotret, kalian pula dapat hunting gambar di masjid yang satu ini. Masjid Agung Meulaboh mempunyai sebagian bagian indah yang dapat dijadikan bagaikan objek memotret semacam kubah masjid, gerbang, serta masih banyak lagi. Tidak tidak sering banyak wisatawan yang mengabadikan momen dengan difoto didepan masjid.

Masjid Agung Meulaboh dibuka tiap hari sepanjang 24 jam. Sebab masjid ialah tempat ibadah untuk publik, jadi bila mau berkunjung ke masjid ini turis tidak dikenakan bayaran masuk ataupun free.

Masjid Termegah di Tepi laut Barat Aceh

masjid agung meulaboh
pic google

Masjid Agung Baitul Makmur ialah salah satu masjid yang terbanyak serta termegah di daerah Tepi laut Barat Provinsi Nangroe Aceh Darussalam. Posisinya sangat strategis sebab terletak di persimpangan yang membelah sebagian kabupaten.

Bagian timur masjid terletak di persimpangan Kabupaten Nagan Raya serta Aceh Barat Energi, tiap- tiap mengarah Kabupaten Aceh Tengah serta Kabupaten Aceh Selatan ataupun Singkil. Di sebelah barat ada persimpangan Aceh Jaya mengarah Banda Aceh, sedangkan di bagian selatan diapit Lautan Hindia dengan pelabuhan kota Meulaboh mengarah Kabupaten Simeulu.

angunan masjid nampak sangat menonjol dengan style arsitektur perpaduan Timur Tengah, Asia, serta Aceh dan pemilihan corak cokelat terang yang dikombinasikan dengan corak merah bata di kubah masjid.

Karakteristik khas masjid yang bisa dilihat secara kasatmata merupakan 3 kubah utama yang diapit 2 kubah tower air berdimensi lebih kecil. Wujud kepala seluruh kubah sama, ialah bundar berujung lancip, khas paduan arsitektur Timur Tengah serta Asia.

Masjid pula hendak dilengkapi 2 tower baru yang sampai tulisan ini diturunkan masih dalam sesi penyelesaian. Tower tersebut hendak membuat masjid nampak terus menjadi megah serta bisa berperan bagaikan landmark daerah setempat.

Pintu gerbang masjid juga ialah keistimewaan tertentu. Gerbang yang berdiri sendiri dengan jarak sebagian m dari masjid ini nampak sangat anggun. Gerbang ini seakan- akan menegaskan kalau siapa juga yang merambah gerbang hendak menjumpai panorama alam yang sangat indah.

baitul makmur aceh

Di dalam masjid nampak 2 konsep ruang yang berbeda. Awal, wisatawan disambut oleh ruangan yang mempunyai banyak tiang penyangga lantai 2 bagaikan mezzanine. Di bagian tengah ada ruang luas yang terasa sangat lega dengan ornamen lampu hias pas di tengahnya.

Inspirasi style arsitektur Timur Tengah pula nampak dari wujud mihrab. Mihrab yang nampak sangat indah ini didominasi corak cokelat serta nuansa keemasan khas material perunggu dengan ornamen khas Islam. Kesan elegan serta sejuk langsung terasa dikala menatapnya.

Tidak hanya bagaikan tempat ibadah, masjid mempunyai guna pembelajaran. Guna ini diwakilkan oleh keberadaan Madrasah Tsanawiyah, Ibtidaiyyah, Dinniyyah, TK Al- Quran, serta TPQ di posisi masjid. Eksistensi Masjid Baitul Makmur di tengah warga Meulaboh yang religius juga terus menjadi kokoh.

Campuran antara keluasan bangunan serta keelokan arsitektur yang membentuk satu struktur kemegahan sudah menjadikan Masjid Baitul Makmur bagaikan salah satu masjid terelok di Indonesia.

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.