Pantai Lanaga

Pantai Lanaga

Pantai Lanaga- Tempat wisata Pantai di Meulaboh Aceh yang berikutnya ialah Pantai Lanaga. Pantai Lanaga ini berlokasikan di Jalan. Bakti Pemuda Nomor. 04. Meulaboh, Aceh Barat, Aceh.

Pantai Lanaga ini ialah salah satu Pantai terindah natural yang terletak di daerah Aceh Barat, yang mana air lautnya bergradasikan corak biru dengan pasir yang bercorak coklat kehitaman begitu memanjakan mata.

Di Tepi laut Lanaga ini pula tidak hanya menikmati keelokan Pantai, kamu pula bisa menikmati kuliner nya yang begitu lezat serta memanjakan lidah.

Pantai Lanaga jadi Pantai yang pula populer sangat menawan. Pantai ini memanglah tidak mempunyai bentang pasir putih yang luas, sebab sebagian zona mempunyai tumbuhan yang berkembang serta ini malah jadi energi tarik tertentu.

Perihal ini membuat bersantai di Pantai tidak terasa sangat panas serta Kamu juga dapat mencari zona yang teduh.

Karakter air yang terdapat di Pantai ini relatif tenang. Kamu dapat memandang jernihnya air laut yang nampak sangatlah mempesona. Tidak hanya panorama alam ini, terdapat pula banyak kegiatan yang dapat dicoba, kayak mengendarai jet ski. Apalagi, pada peluang tertentu, diadakan pula perlombaan balap perahu.

Lanaga ialah salah satu Pantai terindah serta natural yang terletak di daerah Aceh Barat, Meulaboh.

Air lautnya yang bercorak biru dengan pasir yang bercorak coklat kehitaman menaikkan kesan yang eksotis buat Pantai ini.

pantai lanaga
pantai lanaga pic google

Lokasi Pantai Lanaga Aceh

Tidak hanya turis bisa menikmati panorama alam di pantainya, turis pula bisa mencicipi tipe santapan khas dari kota Meulaboh. Posisi: Jalan. Bakti Pemuda Nomor. 04. Meulaboh, Aceh Barat, Aceh, Indonesia.

Keelokan panorama Pesisir Lanaga membuat kawasan ini kerap didatangi turis. Terdapat yang menggambarkan Pantai Lanaga merupakan Pantai Nirwana, sebab keelokannya. Sebagian masyarakat Aceh terdapat pula yang menyebutnya Pantai Bali, sebab keindahannya menyamai Pantai Pantai di pulau Bali.

Tidak hanya panoramanya yang indah, yang jadi energi tarik Pantai Lanaga, terdapat kegiatan unik yang senantiasa diadakan disini, ialah, aktivitas Jet sky serta kegiatan perlombaan perahu dengan didesain unik serta menarik dengan aneka corak warni. Kegiatan ini membuat nampak Pantai Lanaga lebih riang.

Tidak cuma menawan, Lanaga pula mempunyai sisi menarik yang lain, ialah dari namanya. Asal muasal tercetusnya nama Lanaga ini nyatanya tumbuh dari mitos di warga.

Dalam cerita orang- orang dahulu, dekat tahun 1978 sempat terdapat seekor naga besar timbul dari balik muara yang menghubungkan Pantai serta Krueng Meurebo.

Mitos tentang Lanaga tidak dikenal kebenarannya secara tentu. Yang jelas terdapat lema Naga yang disambung dengan La dalam nama Pantai ini. Pantai Lanaga ditetapkan jadi objek wisata pada 1996 oleh Pemerintah Aceh Barat. Semenjak dikala itu pengembangan objek wisata Pantai lanaga terus dibesarkan di antara lain akses jalur.

Baca Juga  Pantai Suak Ribee

Pesona Pantai Lanaga

Pantai Lanaga tercantum salah satu Pantai terindah di Aceh Barat. Dengan air lautnya yang biru, Tepi pantai Lanaga begitu menawan serta indah. Pasir Pantai Lanaga agak kecoklatan, Terlebih dengan ketinggian ombak sampai satu m sanggup menghempas sampai ke bibir Pantai, membuat Pantai Lanaga jadi primadona buat berselancar

Keelokan Pantai ini ini terletak pada area sekitar Pantai. Boleh dibilang, keindahannya belum tersentuh. Masih Natural. Ditambah lagi air laut yang dangkal serta biru menjadikan nilai Pantai Lanaga jadi lebih meningkat.

Sesekali kamu hendak menciptakan batu karang besar yang terdapat di pesisir Pantai Lanaga. Liburan di Pantai ini hendak menyisakan kesan istimewa.

Saat sebelum Pantai ini dihantam gelombang tsunami dahsyat itu, Pantai Lanaga sempat dipadati jejeran puluhan cemara serta kelapa yang berkembang di sejauh Pantai. Tetapi, tsunami sebagian tahun silam itu, tidak cuma menelan ribuan nyawa warga Meulaboh, tetapi pula” menelan” keelokan Pantai Lanaga.

Jejeran cemara itu saat ini terkubur di dasar pasir antara kuala dengan pasi( Pantai). Cuma kenangan tertinggal di Pantai Lanaga, kalau sesuatu kala dahulu, pucuk- pucuk cemara yang melambai ditiup angin itu sempat terdapat.

pantai lanaga melaboh aceh barat
pic google

Saat sebelum tsunami Pantai di melaboh ini tercantum objek wisata yang kerap didatangi oleh warga lokal apalagi wisatawan mancanegara. Tetapi saat ini Pantai di aceh barat ini telah terpisah serta dilingkari oleh muara sungai sehingga tidak terdapat lagi akses jalur langsung ke Pantai Lanaga.

Pantai Lanaga pula mempunyai keunikan lain. Buat mengarah Pantai lanaga wajib melewati jalur melingkar yang dipisahkan oleh muara Krueng Meureubo. Sehingga, kala terletak di Pantai lanaga kamu seolah- olah lagi terletak di suatu pulau.

Penginapan serta Kuliner Di dekat Pantai Lanaga

Pantai Lanaga cuma berjarak 5 kilometer dari Meulaboh. Tempat menginap pasti berarti buat kamu istirahat sehabis seharian letih melancong. Supaya kamu mempunyai opsi lebih bermacam- macam yang disesuaikan dengan selera serta buget kamu.

Entah buat sarana simpel ataupun lengkap, pula kisaran harga dari yang sangat murah sampai yang mahal. Kamu dapat memastikan dengan bebas di pusat kota Meulaboh. Berikut sebagian opsi yang dapat kamu pertimbangkan, antara lain;

Hotel Beringin Jaya, Losmen Aiva, Hotel Tiara, hotel Meuligoh serta banyak lagi. Harga berkisar di 50. 000 hingga 700. 000,-.

Demikian juga dengan kuliner, Meulaboh menawarkan aneka menu westren hingga yang familier di nusantara semacam nasi goreng serta lain- lain, ataupun kamu bisa jadi tertarik makanan- makanan khas yang dapat kamu cicipi, antara lain;

Baca Juga  Pantai Ujong Batee Puteh Aceh

Gule asam keueung ikan kerling, ialah menu berbahan utama ikan kerling dengan kuah yang disiram dengan belimbing wuluh ditambah dengan daun jeruk serta sere.

Sambairebong, ialah menu dibuat dari rebung dicampur dengan kelapa sangrai ditambah daun jeruk

Kue Kara, berbahan dasar tepung beras yang diberi air, garam serta gula seperlunya kemudian digoreng dengan rasa yang nikmat.

Mie Rundeng, ialah mie kuah khas Aceh.

Kisaran harga kuliner di meulaboh antara 10. 000,- sampai 30. 000.

Tahun 1996, Pantai di melaboh ini formal jadi objek wisata wilayah Aceh Barat sebab panoramanya yang indah bak surga dunia. Tidak ayal, Pantai Lanaga jadi salah satu opsi terbaik untuk turis yang berkunjung ke Aceh Barat.

Untuk masyarakat setempat, keelokan serta keelokan Pantai Lanaga tidak kalah jauh dari pantai- pantai di pulau Bali. Air lautnya yang biru, merekahkan keelokan menawan, kemudian pasirnya yang kecoklatan membuat Lanaga terlihat lebih anggun.

Juga hempasan ombaknya yang lumayan besar ke bibir Pantai, dapat difungsikan buat berselancar.

Untuk turis yang tiba, tidak cuma keelokan yang didapat, melainkan pula pertunjukan Jet Sky serta kegiatan perlombaan perahu dengan desain unik di kala waktu tertentu.

Akses jalur mengarah posisi juga dikala ini telah gampang dilalui turis serta berjarak 5 kilometer dari kota Meulaboh, Aceh Barat

Untuk Kamu yang hendak ke Lenaga, saat ini wajib melewati jalur melingkar yang dipisahkan oleh muara Krueng Meureubo. Sehingga, kala terletak di Pantai lanaga kamu seolah- olah lagi terletak di suatu pulau.

Tidak hanya dapat menikmati panorama alam bahari, Kamu pula dapat menikmati santapan khas di situ. Meulaboh menawarkan aneka menu westren hingga yang familier di nusantara semacam nasi goreng serta lain- lain, ataupun kamu bisa jadi tertarik makanan- makanan khas yang dapat kamu cicipi.

Berjarak 5( 5) kilometer dari kota Meulaboh, Aceh Barat membentang panorama Pantai Lanaga di Desa Peunaga. Pantai yang tidak hening wisatawan ini miliki sarana berolahraga kesukaan air semacam jet langit. Pantai Lanaga jadi salah satu opsi terbaik untuk turis yang berkunjung ke Aceh Barat.

Untuk masyarakat setempat, Pantai Lanaga semacam pantai- pantai di Bali. Sebab keelokan serta keindahannya tidak kalah jauh dari pantai- pantai di pulau Dewata itu.

Untuk turis yang tiba, tidak cuma keelokan yang didapat, melainkan pula pertunjukan Jet Sky serta kegiatan perlombaan perahu dengan desain unik di kala waktu tertentu.

pantai lanaga aceh
pic google

Pantai Lanaga mempunyai sejarah tertentu lho. Nama Lanaga nyatanya lahir dari mitos yang tumbuh di warga setempat. Konon, dekat tahun 1978 sempat terdapat seekor naga besar timbul dari balik muara yang jadi penghubung Pantai serta Krueng Meurebo. Begitulah mitos yang tumbuh, karenanya diucap Pantai La” naga”.

Baca Juga  Pantai Blang Ulam

Baru pada tahun 1996 Pantai Lanaga ditetapkan jadi objek wisata oleh Pemerintah Aceh Barat. Semenjak Lanaga ditetapkan akses jalur mengarah posisi juga diperbaiki biar turis dapat lebih gampang mengunjunginya.

Lanaga menjagi satu Pantai terindah dari Pantai yang lain di Aceh Barat sebab air lautnya yang biru merekahkan keelokan menawan. Pula pasirnya yang kecoklatan membuat Lanaga terlihat lebih anggun.

Juga hempasan ombaknya yang lumayan besar ke bibir Pantai, dapat difungsikan buat berselancar.

Untuk Kamu yang hendak ke Lenaga, saat ini wajib melewati jalur melingkar yang dipisahkan oleh muara Krueng Meureubo. Sehingga, kala terletak di Pantai lanaga kamu seolah- olah lagi terletak di suatu pulau.

Kuliner dan Makanan yang bisa dinikmati

Tidak hanya dapat menikmati panorama alam bahari, Kamu pula dapat menikmati santapan khas di situ. Meulaboh menawarkan aneka menu westren hingga yang familier di nusantara semacam nasi goreng serta lain- lain, ataupun kamu bisa jadi tertarik makanan- makanan khas yang dapat kamu cicipi, antara lain;

Gule asam keueung ikan kerling, ialah menu berbahan utama ikan kerling dengan kuah yang disiram dengan belimbing wuluh ditambah dengan daun jeruk serta sere.

Sambairebong, ialah menu dibuat dari rebung dicampur dengan kelapa sangrai ditambah daun jeruk. Kue Kara, berbahan dasar tepung beras yang diberi air, garam serta gula seperlunya kemudian digoreng dengan rasa yang nikmat.

Mie Rundeng, ialah mie kuah khas Aceh. Biayanya antara 10. 000,- sampai 30. 000.

Lanaga sampai saat ini masih terbilang natural. Dahulu, saat sebelum tsunami menerpa, pohonan cemara serta kelapa berjejer sejauh Pantai. Saat ini kehijauan ranting cemara itu telah tinggal kenangan dalam ingatan warga setempat serta turis. Apalagi, saat ini Lanaga telah terpisah serta dilingkari muara sungai. Sehingga tidak terdapat lagi akses jalur langsung ke Lanaga.

Indah serta sejuk dengan lambaian pucuk- pucuk daun kepala kala angin berhembus membuat atmosfer jadi lebih tenang di Pantai Lanaga. Hingga tidak heran apabila terdapat yang menjuluki Pantai ini bagaikan Pantai Nirwana dimana kecantikannya dapat ditafsirkan bak surga dunia.

0,0 rating
0 out of 5 stars (based on 0 reviews)
Excellent0%
Very good0%
Average0%
Poor0%
Terrible0%

1 komentar untuk “Pantai Lanaga”

Tinggalkan Komentar

Berapa Bintang Tempat Ini?*

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.