Pantai Pusong Sangkalan Aceh terletak 3 kilometer dari Kota Blangpidie Bunda Kota Kabupaten Aceh Barat Energi.

Pantai Pusong Sangkalan mempunyai sebagian kelebihan yang bisa menarik atensi kamu. Kelebihan tersebut merupakan menimpa apa yang bisa kamu jalani di tempat wisata ini. Aceh termasuk daerah di indonesia yang dispesialkan untuk menerapkan syariat islam di perda-nya.

Walaupun tempat wisata Pantai bisa jadi sangat mainstream, tetapi kamu hendak berfikir berbeda kala tiba ke Pantai Pusong Sangkalan. Pantai Pusong Sangkalan ialah Pantai yang bisa kamu peruntukan bagaikan tempat buat berselancar.

Ini didukung sebab di Pantai yang indah ini mempunyai ombak besar yang nyaman buat berselancar. jadi anda punya banyak pilihan tempat wisata di aceh.

Kamu pula bisa bermain air laut ataupun hanya menikmati panorama alam alam yang indah dari Pantai Pusong Sangkalan, paling utama menikmati kala sunset, pula dapat jadi opsi yang hendak berikan kesan tertentu kala kamu terletak di Pantai Pusong Sangkal.

Pantai Pusong Sangkalan aceh
pic google

Keindahan Pantai Pusong Sangkalan

Pantai Pusong Sangkalan merupakan cerminan suatu Pantai sangat indah yang menghiasi bibir daratan di ujung barat pulau Sumatera. Nama Pusong digunakan sebab di Samudera Hindia dengan jarak 1 Kilometer dari bibir Pantai ada“ Pusong”( Pulau Gosong).

Sangkalan merupakan nama daerah pemukiman dimana Pantai itu terletak. Tidak hanya nama tersebut, Pantai Pusong Sangkalan diketahui pula dengan nama Pantai Bali. Nama Pantai Bali sesungguhnya bukan nama yang formal, bagi penduduk setempat banyak mengatakan sebab keelokan Pantai Pusong Sangkalan tidak kalahnya dengan keelokan Pantai di Bali.

Pesona wisata Pantai Pusong Sangkalan

Pantai Pusong Sangkalan berhadapan dengan Samudera Hindia masih sangat asri serta bersih, pasirnya yang bersih serta agak agresif. Ombaknya yang besar sanga menantang buat bermain selancar. Air lautnya yang biru sangat indah serta membuat mata betah berlama- lama memandang lautan lepas yang tidak bertepi itu.

Kebesaran Tuhan terus menjadi dahsyat kala kita di senja hari menikmati indahnya sunset, mata kita terbuat tidak hendak lepas memandang matahari yang masuk kedalam air inchi demi inchi. Jika kamu mendatangi Pantai ini dipagi hari jam 6. 00 hingga dengan jam 10. 00 Wib, kamu hendak berkesempatan memandang nelayan tradisional yang lagi“ Tarek Pukat”( menjaring ikan dengan pukat yang ditarik dari laut ke darat).

Suatu tontonan yang menarik pula memandang 2 kelompok nelayan yang menarik tiap- tiap ujung pukat ke daratan. Kelompok nelayan yang berjumlah 10 hingga 15 orang ini manarik pukat sembari menghasilkan suara- suara teriakan kecil serta melantunkan syair- syair yang sangat indah.

Pantai Pusong Sangkalan aceh barat

Pulau Pusong Sangkalan merupakan pulau kecil seluas 1 km persegi yang tadinya cumalah daratan kecil yang gersang serta dikelilingi hamaparan karang yang sangat indah. Hamparan karang 2 kali lebih luas dari daratannya serta apabila air lagi surut kita dapat berjalan diatasnya dengan air setinggi lutut.

Menjalajahi hamparan karang yang sangat indah membuat kita dapat melupakan waktu, kita dapat memandang ikan- ikan karang yang berbagai corak serta wujud, belum lagi jika kita menyelam, sangat hendak menciptakan halaman laut yang sangat luas serta indah serta pastinya masih perawan.

Buat menggapai pulau tersebut dikala ini tidak terdapat angkutan spesial kesana, kamu dapat menumpang perahu ataupun menyewa satu perahu motor dekat Rp 300. 000/ hari. Sayang sekali Pantai Pusong Sangkalan, Objek wisata yang sangat indah ini masih belum menemukan atensi baik dari pengusaha ataupun Pemerinatah Wilayah setempat.

Apalagi dapat dikatakan tidak pengelolaan serta publikasi sedikitpun dari Pemda ABDYA. Sementara itu objek wisata ini hendak menarik atensi turis lokal apalagi mancanegara yang pastinya dapat jadi pemasukan wilayah serta pula dapat membetulkan ekonomi warga setempat.

Kuliner Pantai Pusong Sangkalan Blangpidie

Sebab Pantai Pusong Sangkalan cuma berjarak 3km dari Blangpidie, wisata kuliner kamu hendak terpuaskan di kota Blangpidie. Menu yang ditawarkan pula variatif mulai dari menu westren hingga menu nusantara yang telah familier di lidah. Tetapi Bila kamu tertarik mencicipi menu khas wilayah Blangpidie kamu dapat berupaya makanan- makanan

Berikut ini merupakan catatan dari kuliner lokal khas Blang Pidie:

  • Mi Putih Abdya merupakan Mi Putih Abdya ini ialah wisata kuliner Aceh yang sangat terkenal di wilayah ini. Tidak hanya menyebutnya dengan mi putih, warga Abdya pula menamakan mi ini dengan mi kocok. berbahan dasar tepung kanji/ tapioka ini, kedua mi tersebut dimasukkan ke dalam saringan kemudian dikocok ke dalam air mendidih. Sehabis mi jadi lunak, barulah disajikan dengan kuah sop. Tidak kurang ingat pula ditambahkan daging cincang serta acar bawang bagaikan topping- nya.
  • Ikan Kerling Alue Jambe, Sebab mempunyai sungai yang besar serta dalam, di Abdya pula hidup ikan kerling. Ikan ini pula diucap dengan ikan jurung. Nah, untuk penikmat ikan sungai yang populer dengan kelezatannya ini, Ezytravelers dapat mendatangi rumah makan yang ada di Alue Jambe, Kecamatan Babahrot.
  • Rujak Irigasi Ie Dikilarujak Aceh yang dibuat dari aneka buah- buahan mengkal semacam pepaya, jambu, mangga, yang dipotong kecil- kecil kemudian dicampur dengan gula aren, rasanya sangat lezat.
Baca Juga  6 Tips Liburan ke Lembang, Bandung

Penginapan di Tempat Wisata

Penginapan pasti sangat kamu butuhkan sehabis seharian berkegiatan di Pantai Pusong Sangkalan. Banyak opsi penginapan di Blangpidie, bergantung sarana semacam apa yang kamu butuhkan, sarana simpel ataupun lengkap.

Pantai Pusong Sangkalan berhadapan dengan Samudera Hindia masih sangat asri serta bersih, pasirnya yang bersih serta agak agresif. Ombaknya yang besar sanga menantang buat bermain selancar.

Air lautnya yang biru sangat indah serta membuat mata betah berlama- lama memandang lautan lepas yang tidak bertepi itu.

Kebesaran Tuhan terus menjadi dahsyat kala kita di senja hari menikmati indahnya sunset, mata kita terbuat tidak hendak lepas memandang matahari yang masuk kedalam air inchi demi inchi.

Kegiatan dan Aktivitas di Pantai Pusong Sangkalan

Jika kamu mendatangi Pantai ini dipagi hari jam 6. 00 hingga dengan jam 10. 00 Wib, kamu hendak berkesempatan memandang nelayan tradisional yang lagi“ Tarek Pukat”( menjaring ikan dengan pukat yang ditarik dari laut ke darat).

Suatu tontonan yang menarik pula memandang 2 kelompok nelayan yang menarik tiap- tiap ujung pukat ke daratan. Kelompok nelayan yang berjumlah 10 hingga 15 orang ini manarik pukat sembari menghasilkan suara- suara teriakan kecil serta melantunkan syair- syair yang sangat indah.

Lokasi Pantai Pusong Sangkalan

Terletak pada jarak 3 km dari Kota Blangpidie Bunda Kota Kabupaten Aceh Barat Energi, terdamparlah suatu Pantai yang sangat indah yang menghiasi bibir daratan di ujung barat pulau Sumatera.

Namanya Pantai Pusong Sangkalan, nama Pusong digunakan sebab di Samudera Hindia dengan jarak 1 Kilometer dari bibir Pantai tertadapat“ Pusong”( Pulau Gosong). Sangkalan merupakan nama daerah kemukiman dimana Pantai itu terletak. Tidak hanya nama tersebut, Pantai ini diketahui pula dengan nama Pantai Bali.

Nama Pantai Bali sesungguhnya bukan nama yang formal, bagi penduduk setempat banyak mengatakan sebab keelokan Pantai tersebut tidak kalahnya dengan keelokan Pantai di Bali.

Terdapat pula komentar berkata sebab kala awal sekali dibuka bagaikan kawasan wisata, banyak turis manca Negeri yang tiba menikmati keelokan Pantai dengan bermain selancar serta sangai ria dengan mengunakan bikini yang dinggap tabu oleh warga setempat, mereka tidak mau Pantai Pusong Sangkalan dijadikan bagaikan kawasan wisata semacam di Bali yang sangat leluasa serta mengganggu tatanan budaya setempat

Kondisi dan Suasana Pantai serta Pulau

Pantai ini berhadapan langsung dengan Samudra Hindia dengan kondisinya yang masih sangat terpelihara keasriannya.

Pantai Pusong Sangkalan ini mempunyai ombak besar, sehingga wisatawan dilancar bermain selancar. Apa yang dapat dicoba disini? Kaka bisa memandang lautan lepas yang tidak bertepi.

Corak airnya yang bercorak biru, dengan panorama alam yang langsung menghadap ke samudra Hindia, nyatanya sanggup menghipnotis siapapun buat berlama- lama di tepian pantainya.

Dengan ombak yang besar, turis dilarang buat bermain selancar.

Namun jangan takut, sebab air lautnya yang bercorak biru membuat mata betah berlama- lama memadang lautan lepas yang tidak bertepi itu.

Bila kamu mendatangi Pantai ini di jam 6. 00 hingga 10. 00, kamu hendak berkesempatan memandang kegiatan para nelayan yang lagi“ Tarek Pukat”( menjaring ikan dengan pukat yang ditarik dari laut ke darat).

Sunset yang ditawarkan ditempat ini pula tidak kalah indahnya dengan Pantai lain, seakan kala fenomena alam itu terjalin kita terbuat membisu memandang keelokan matahari yang terus menjadi lama terus menjadi tenggelam di lautan lepas.

Pantai yang berhadapan langsung dengan Samudra Hindia dengan kondisinya yang masih sangat terpelihara keasriannya.

Mempunyai ombak yang besar, hingga turis dilarang buat bermain selancar. Tetapi sebab air lautnya yang bercorak biru membuat mata hendak berasa aman berlama- lama memandang lautan lepas yang luar biasa.

Bila kalian mendatangi Pantai ini di jam 6. 00 hingga 10. 00, kalian hendak berkesempatan memandang kegiatan para nelayan yang lagi“ Tarek Pukat” ataupun menjaring ikan dengan pukat yang ditarik dari laut ke darat.

Sunset yang ditawarkan di tempat ini pula tidak kalah indahnya dengan Pantai lain, seakan dikala fenomena alam itu terjalin kita hendak terbuat membisu memandang keelokan matahari yang terus menjadi lama terus menjadi tenggelam di lautan lepas yang luar biasa.

3 km dari Kota Blangpidie Bunda Kota Kabupaten Aceh Barat Energi, terdamparlah suatu Pantai yang sangat indah yang menghiasi bibir daratan di ujung barat pulau Sumatera.

Namanya Pantai Pusong Sangkalan, nama Pusong digunakan sebab di Samudera Hindia dengan jarak 1 Kilometer dari bibir Pantai tertadapat“ Pusong”( Pulau Gosong). Sangkalan merupakan nama daerah kemukiman dimana Pantai itu terletak. Tidak hanya nama tersebut, Pantai ini diketahui pula dengan nama Pantai Bali.

Pantai Pusong Sangkalan
pic youtube

Nama Pantai Bali sesungguhnya bukan nama yang formal, bagi penduduk setempat banyak mengatakan sebab keelokan Pantai tersebut tidak kalahnya dengan keelokan Pantai di Bali.

Terdapat pula komentar berkata sebab kala awal sekali dibuka bagaikan kawasan wisata, banyak turis manca Negeri yang tiba menikmati keelokan Pantai dengan bermain selancar serta sangai ria dengan mengunakan bikini yang dinggap tabu oleh warga setempat.

Baca Juga  Pesona dan Mistis Danau Geunang Geudong Aceh Barat

mereka tidak mau Pantai Pusong Sangkalan dijadikan bagaikan kawasan wisata semacam di Bali yang sangat leluasa serta mengganggu tatanan budaya setempat.

Pantai ini berhadapan langsung dengan Samudra Hindia dengan kondisinya yang masih sangat terpelihara keasriannya.

Pantai Pusong Sangkalan ini mempunyai ombak besar, sehingga wisatawan dilancar bermain selancar. Apa yang dapat dicoba disini? Kaka bisa memandang lautan lepas yang tidak bertepi.

Corak airnya yang bercorak biru, dengan panorama alam yang langsung menghadap ke samudra Hindia, nyatanya sanggup menghipnotis siapapun buat berlama- lama di tepian pantainya.

Dengan ombak yang besar, turis dilarang buat bermain selancar.

Namun jangan takut, sebab air lautnya yang bercorak biru membuat mata betah berlama- lama memadang lautan lepas yang tidak bertepi itu.

Bila kamu mendatangi Pantai ini di jam 6. 00 hingga 10. 00, kamu hendak berkesempatan memandang kegiatan para nelayan yang lagi“ Tarek Pukat”( menjaring ikan dengan pukat yang ditarik dari laut ke darat).

Sunset yang ditawarkan ditempat ini pula tidak kalah indahnya dengan Pantai lain, seakan kala fenomena alam itu terjalin kita terbuat membisu memandang keelokan matahari yang terus menjadi lama terus menjadi tenggelam di lautan lepas.

Pantai yang berhadapan langsung dengan Samudra Hindia dengan kondisinya yang masih sangat terpelihara keasriannya.

Mempunyai ombak yang besar, hingga turis dilarang buat bermain selancar. Tetapi sebab air lautnya yang bercorak biru membuat mata hendak berasa aman berlama- lama memandang lautan lepas yang luar biasa.

Bila kalian mendatangi Pantai ini di jam 6. 00 hingga 10. 00, kalian hendak berkesempatan memandang kegiatan para nelayan yang lagi“ Tarek Pukat” ataupun menjaring ikan dengan pukat yang ditarik dari laut ke darat.

Sunset yang ditawarkan di tempat ini pula tidak kalah indahnya dengan Pantai lain, seakan dikala fenomena alam itu terjalin kita hendak terbuat membisu memandang keelokan matahari yang terus menjadi lama terus menjadi tenggelam di lautan lepas yang luar biasa.

Pulau Pusong ada di Susoh, Aceh Barat Energi( Abdya). Posisi dari destinasi wisata tersebut bisa ditempuh lewat Pantai Bali Aceh. Apalagi dari Pantai Bali, nampak sangat jelas penampakan hendak Pulau Pusong.

Perubahan Pulau Sebelum dan sesudah Tsunami

Saat sebelum terjalin musibah Tsunami 2004 silam, letak dari pulau tersebut sangat dekat dengan Pantai Bali Aceh. Jarak antara pulau serta Pantai dekat±1km. Apalagi bisa ditempuh cuma dengan menyelusuri lautan. Triknya dengan berjalan kaki di atas terumbu karang.

Kala air laut surut, permukaan laut jadi lebih jelas. Keadaan air pula tidak sangat besar serta membolehkan buat berjalan. Waktu yang diperlukan cuma dekat±30 menit.

Namun sehabis gelombang Tsunami menghantam, jarak antara Pulau Pusong serta Pantai Bali jadi lebih jauh. Jaraknya juga jadi berganti lebih dari 1 kilometer. Jadi wajib memakai perahu buat mengarah ke destinasi wisata tersebut.

Metode mengarah ke Pulau tersebut, bisa memakai Lapangan terbang Cut Nyak Dhien bagaikan destinasi. Jalan mengarah ke pulau bisa ditempuh lewat jalan trans Sumatera HWY. Ambil jalan tersebut ke arah selatan. Sehabis hingga di wilayah Blang Pidie, keluar dari jalan trans Sumatera HWY serta simak arah jalur yang mengarah ke Pulau Pusong/ Pulau Gosong ataupun Pantai Bali.

Keunikan Pulau Gosong Sangkalan

Pulau Pusong ataupun Pulau Gosong Sangkalan terkategori ke dalam jenis pulau penghalang ataupun barriers island. Penafsiran dari pulau penghalang ataupun barriers island secara universal ialah suatu pulau panjang( namun lebih luas dari terumbu karang serta) yang segala tanahnya berbentuk pasir serta sejajar dengan Pantai.

Barriers island pula terkategori ke dalam fenomena alam sangat jarang serta tidak seluruh daerah memiliki pulau penghalang ataupun barriers island.

Sebaliknya penafsiran dari barriers island secara ilmiah merupakan gumuk pasir yang tersembul di atas permukaan laut serta terpisah dari Pantai dan dihalangi dengan laguna. Pulau penghalang pula tidak timbul begitu saja, terdapat sesuatu fenomena alam yang jadi aspek utama dalam terjadinya pulau tersebut.

Salah satu aspek alam yang berfungsi besar dalam pembuatan barriers island merupakan angin. Angin bawa sebagian butiran pasir.

Setelah itu, butiran tentu tersebut jatuh di sesuatu tempat. Sebab perihal itu terulang terus– menerus, kesimpulannya berganti jadi gumukan serta terbentuklah suatu pulau.

Tidak hanya aspek angin, gelombang laut pula jadi salah satu aspek alam terjadinya barriers island. Proses terjadinya barriers island pula bisa dipengaruhi oleh manusia yang terencana menghasilkan suatu pulau penghalang ataupun Pulau Gosong.

Kondisi Pulau Gosong Sangkalan

Buat Gosong sendiri bisa jadi memiliki makna yang sangat luas. Sebagian bahasa memiliki kata Gosong, semacam bahasa Indonesia, bahasa sunda dan bahasa jawa. Secara harfiah, makna dari gosong merupakan hangus sebab dibakar oleh api.

Sebaliknya penafsiran dari gosong secara ilmiah ialah zona terumbu karang yang terletak di tengah– tengah laut serta terpisah dari daratan utama.

Umumnya Pulau Gosong bisa ditemukan di perairan yang dangkal, baik perairan air tawar ataupun air laut. Sepanjang ini, masih kerap ditemukan di zona perairan laut, sebaliknya perairan air tawar belum sempat terdapat.

Buat keadaan dari Pulau Gosong Sangkalan cuma memiliki luas sebesar lapangan sepak bola. Corak pasirnya sangat putih serta halus. Sebaliknya air laut masih sangat jernih serta belum tercemar sama sekali.

Baca Juga  Pantai Blang Ulam

Di pulau tersebut dipadati dengan bermacam berbagai pepohonan. Sebagian besar tipe pepohonan yang terletak di pulau tersebut meliputi tumbuhan kelapa, tumbuhan cemara serta tumbuhan waru. Meski pulau Pusong tidak begitu luas, tetapi dipadati dengan bermacam tumbuhan yang menjadikan pulau yang tercipta dari pasir tersebut memiliki hawa yang melegakan.

Bukan cuma hanya kondisi daratan yang lumayan memesona, kondisi dari lautnya pula pantas buat dieksplorasi. Sebab itu spot snorkeling serta diving di pulau tersebut sangat rekomended. Tidak hanya keadaan air laut yang sangat jernih dengan kehidupan laut yang damai, bisa ditemukan suatu species ikan yang sangat sangat jarang.

Ikan tersebut merupakan ikan napoleon. Habitat asli dari ikan napoleon merupakan diperairan laut tropis serta tidak seluruh lautan tropis bisa ditemukan ikan tersebut. Ikan tersebut terkategori ke dalam ikan raksasa dengan panjang dekat 1, 5– 2 m. Jadi jumlah populasi ikan napoleon secara totalitas sangat terbatas, harga per ekor pula sangat mahal. 1 ekor ikan napoleon dibandrol lebih dari 1. 000. 000 IDR.

Wisata Kuliner Di Pulau Gosong Sangkalan

Sambil menikmati pesona alam dari Pulau Gosong Sangkalan, lebih nikmat dengan menyantap aneka kuliner lokal. Pulau tersebut masih terletak di dalam lingkungan daerah Blang Pidie. Aneka kulinernya juga pula sangat otentik dengan Blang Pidie.

Berikut ini merupakan kuliner lokal khas Pantai:

  • Mie Putih serta Mie Kuning Kocok

Mie tersebut merupakan santapan terkenal di Blang Pidie serta ialah kuliner lokal yang diandalkan. Metode pengolahan dari mie tersebut dengan dikocok di dalam air yang mendidih. Setelah itu disajikan dengan kuah sop. Topping dari mie kocok umumnya berbentuk daging ayam cincang serta acar bawang. Satu jatah mie kocok dibandrol mulai dari 8. 000– 10. 000 IDR.

  • Daging Masak Putih/ Sie Reuboh Puteh

Bahan dasar dari daging masak putih merupakan daging sapi. Metode pengolahan daging lumayan unik. Daging sapi direbus dengan air santan serta bumbu. Tekstur daging sapi sangat empuk serta memiliki cita rasa gurih. Satu jatah dari daging masak putih dibandrol dengan harga 8. 000 IDR.

  • Ikan Kayu/ Eungkot Keumamah

Ikan Kayu ialah salah satu kuliner yang bisa dijadikan bagaikan buah tangan. Metode pengolahan dari ikan kayu merupakan dikeringkan di dasar cahaya matahari. Umumnya saat sebelum dimakan, diolah terlebih dulu dengan gulai khas Aceh.

Olahan ikan ini memiliki sesuatu kelebihan, ialah tahan lama. Proses pembuatan dari ikan Kayu tanpa kombinasi bahan pengawet apapun. Namun bisa bertahan sepanjang±1 tahun. Harga dari ikan kayu lumayan murah, mulai dari 20. 000 IDR per kemasan.

  • Rujak Irigasi

Keadaan dataran rendah yang identik dengan panas, rujak jadi santapan fresh yang bisa merehidrasi badan. Rujak Irigasi pula nyaris sama dengan rujak pada biasanya yang ialah kumpulan dari aneka berbagai potongan buah, semacam mangga, pepaya serta lain– lain. Setelah itu dicampur dengan gula aren.

  • Olahan Ikan Kerling Alue Jambe/ Ikan Jurung

Ikan Kerling merupakan salah satu biota air yang tinggal di perairan sungai Aceh, spesialnya di Aceh Barat Energi. Pengolahan dari ikan ini pula sangat berbagai– berbagai, semacam tumis gulai serta lain– lain.

Pantai Pusong Sangkalan berhadapan dengan Samudera Hindia masih sangat asri serta bersih, pasirnya yang bersih serta agak agresif. Ombaknya yang besar sanga menantang buat bermain selancar.

Air lautnya yang biru sangat indah serta membuat mata betah berlama- lama memandang lautan lepas yang tidak bertepi itu.

Kebesaran Tuhan terus menjadi dahsyat kala kita di senja hari menikmati indahnya sunset, mata kita terbuat tidak hendak lepas memandang matahari yang masuk kedalam air inchi demi inchi.

Jika kamu mendatangi Pantai ini dipagi hari jam 6. 00 hingga dengan jam 10. 00 Wib, kamu hendak berkesempatan memandang nelayan tradisional yang lagi“ Tarek Pukat”( menjaring ikan dengan pukat yang ditarik dari laut ke darat).

pulau Pusong Sangkalan
pic google

Suatu tontonan yang menarik pula memandang 2 kelompok nelayan yang menarik tiap- tiap ujung pukat ke daratan. Kelompok nelayan yang berjumlah 10 hingga 15 orang ini manarik pukat sembari menghasilkan suara- suara teriakan kecil serta melantunkan syair- syair yang sangat indah.

Pulau Pusong Sangkalan merupakan pulau kecil seluas 1 KM2 yang tadinya cumalah daratan kecil yang gersang serta dikelilingi hamaparan karang yang sangat indah.

Hamparan karang 2 kali lebih luas dari daratannya serta apabila air lagi surut kita dapat berjalan diatasnya dengan air setinggi lutut.

Menjalajahi hamparan karang yang sangat indah membuat kita dapat melupakan waktu, kita dapat memandang ikan- ikan karang yang berbagai corak serta wujud, belum lagi jika kita menyelam, sangat hendak menciptakan halaman laut yang sangat luas serta indah serta pastinya masih perawan.

Buat menggapai pulau tersebut dikala ini tidak terdapat angkutan spesial kesana, kamu dapat menumpang perahu ataupun menyewa satu perahu motor dekat Rp 300. 000/ hari.

3.8
3,8 rating
3.8 out of 5 stars (based on 5 reviews)
Excellent40%
Very good40%
Average0%
Poor0%
Terrible20%

Anda mungkin juga menyukai:

1 Komentar

Tinggalkan Komentar

Berapa Bintang Tempat Ini?*

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.