7 Tempat Wisata di Banyumas Yang Tidak Boleh Dilewatkan

Tempat wisata di Banyumas

Banyumas adalah sebuah daerah di provinsi Jawa Tengah sebelah barat. Banyumas merupakan salah satu daerah di Jawa Tengah yang terkenal dengan bahasa ngapaknya. Dalam urusan pariwisata, Banyumas termasuk yang punya banyak obyek wisata menarik.

Tempat wisata di Banyumas didominasi oleh wisata alam. Karena sebagian besar daerah di Banyumas berada di lereng gunung Slamet. Terutama Banyumas bagian utara.

Mulai dari air terjun, gunung, perbukitan, hingga taman hiburan modern semuanya tersaji di daerah yang terkenal dengan kuliner soto sokaraja ini.

Ceritanesia akan merangkum tempat wisata di Banyumas yang terbaik dan patut untuk dikunjungi.

Lokawisata Baturraden

Baturraden
Sumber Foto: Travelspromo.com

Membahas seputar tempat wisata di Banyumas yang terbaik tentu Lokawisata Baturraden berada di urutan pertama. Tempat ini sudah sejak tahun 90-an menjadi ikon pariwisata kota Satria.

Baturraden menyajikan wisata pegunungan yang berada di kawasan hutan lindung. Tempat ini menghadirkan pengalaman wisata yang lengkap mulai dari rekreasi hingga edukasi.

Berada di ketinggian antara 1.000-2.000 mdpl membuat suasana di obyek wisata ini sejuk dan asri. Apalagi kawasannya yang merupakan hutan lindung menjadi alamnya sudah pasti sangat terjaga. Tempatnya selalu ramai karena memang merupakan wisata andalan di Banyumas.

Lokawisata Baturraden sangat cocok menjadi spot untuk menghabiskan waktu bersama keluarga ataupun orang-orang tersayang. Baturraden dijamin akan memberikan pengalaman wisata terbaik yang membuat wisatawan ingin dan ingin lagi datang ke Banyumas.

Telaga Sunyi

Telaga Sunyi
Sumber Foto: Pegipegi.com

Jika tidak terlalu suka tempat yang terlalu ramai, maka bisa coba untuk mengunjungi Telaga Sunyi yang berada di desa Limpakuwus lereng Gunung Slamet.

Telaga Sunyi adalah sebuah sungai yang terletak di tengah hutan. Seperti namanya, tempat ini sajikan nuansa sunyi dan masih sangat alami. Letaknya sangat tersembunyi karena dikeliling rimbun pepohonan pinus dan damar.

Konon pada jaman dahulu Telaga Sunyi digunakan orang-orang untuk bertapa menyendiri mencari ketenangan batin dengan tujuan mendapatkan sebuah ilmu.

Keistimewaan dari Telaga Sunyi adalah airnya yang sebening kaca. Air tersebut berasal langsung dari mata air Gunung Slamet. Dengan kedalaman maksimal 3 meter wisatawan bisa bebas berenang dan bermain di tempat ini.

Jika ingin sensasi yang lebih, wisatawan juga bisa melakukan snorkeling menyusuri gua-gua yang ada di bawah tebing.

Curug Jenggala

Curug Jenggala
Sumber Foto: Travelspromo.com

Banyumas punya banyak sekali wisata air terjun, salah satunya adalah Curug Jenggala. Curug Jenggala merupakan wisata air terjun yang paling populer di Banyumas.

Curug Jenggala memiliki ketinggian 30 meter dengan tiga aliran air terjun. Tempat ini berasal dari pertemuan dua sungai besar di Banyumas, yaitu Sungai Banjaran dan Sungai Mertelu. Sehingga membuat aliran air di curug ini sangat deras.

Untuk mencapai area air terjun wisatawan diharuskan trekking melewati jalur sepanjang 800 meter. Sepanjang jalur akan tersaji keasrian hutan, sawah dan kebun di kawasan obyek wisata Curug Jenggala. Yang unik wisatawan akan menemui pipa besar panjang yang merupakan pipa PLTA Ketenger.

Wisatawan bisa menikmati Curug ini dari bawah ataupun dari atas. Jika menikmati dari atas sudah tersedia gazebo dan spot foto dengan background Curug Jenggala.

Curug Cipendok

Curug Cipendok
Sumber Foto: Antara.com

Masih seputar wisata air terjun, Curug Cipendok merupakan air terjun tertinggi yang ada di Banyumas. Ketinggiannya mencapai 92 meter. Air terjun ini memiliki debit aliran air yang sangat deras. Suara deru air terjun berpadu dengan suara hutan yang asri menciptakan nuansa yang menenangkan jiwa.

Hutan di kawasan Curug Cipendok masih sangat asri. Di sini wisatawan bisa bertemu langsung dengan monyet-monyet liar penghuni hutan. Monyet-monyet tersebut adalah satwa endemik yang masyarakat sekitar menyebutnya rek-rek.

Untuk mencapai air terjun wisatawan harus trekking terlebih dahulu. Wisatawan akan melewati perkebunan sayur dari warga. Sepanjang jalur trekking banyak warung yang menjajakan makanan khas Banyumas yaitu mendoan dan susu segar.

Fasilitas yang ada di Curug Cipendok sudah sangat lengkap. Bahkan telah tersedia penginapan di tempat wisata ini.

Hutan Pinus Limpakuwus

Hutan pinus Limpakuwus
Sumber Foto: Okezone.com

Wisata hutan pinus memang tidak pernah membosankan. Banyumas juga memiliki wisata hutan pinus yang menarik, namanya adalah Hutan Pinus Limpakuwus. Masih berada di lereng Gunung Slamet, tempat ini menyajikan suasana alam yang sangat sejuk dan bebas polusi.

Hutan Pinus Limpakuwus bisa menjadi pilihan untuk rekreasi akhir pekan yang jauh dari hiruk pikuk perkotaan.

Tidak hanya menyajikan pemandangan hutan pinus, banyak aktivitas seru yang dapat dilakukan di tempat wisata di Banyumas ini.

Wisatawan dapat melakukan beragam wahana outbond atau berpetualang dengan jeep. Hutan pinus Limpakuwus juga biasa dipakai untuk aktivitas camping.

Baturraden Adventure Forest

Baturaden Adventure Forest
Sumber Foto: nativeindonesia.com

Baturraden Adventure Forest adalah obyek wisata baru yang menggabungkan konsep gathering dan outbond. Tempat ini sangat cocok jadi tujuan rekreasi bersama keluarga ataupun komunitas.

Beragam wahana seru dapat dicoba di tempat ini. Baturraden Adventure Forest menghadirkan outbond, student outbond, water slide, paintball hingga canyoning.

Tempat ini juga menghadirkan pesona alam yang cantik. Baturraden Adventure Forest mengemas pesona empat unsur alam yaitu gunung, sungai, hutan dan kabut. Cocok menjadi tempat untuk lebih dekat ke alam dan mengurangi penggunaan gadget.

Alun-Alun Banyumas

Alun Alun Banyumas
Sumber Foto: Kompas.id

Setelah puas berkeliling keindahan alam, akan terasa sempurna menutup hari di Banyumas dengan bersantai di Alun-Alun Banyumas.

Alun-Alu Banyumas menjadi rekomendasi untuk wisata malam di Banyumas. Alun-Alun ini punya ciri khas yaitu sebuah  pesawat TNI AU, MIG-17 Fresco yang dipajang di muka Alun-Alun Banyumas. Pesawat tersebut terlihat sangat mencolok dari jalan utama.

Alun-Alun Banyumas sajikan ruang terbuka hijau yang asri. Banyak kuliner khas Banyumas yang dapat ditemukan di tempat ini. selain ini di kompleks alun-alun juga terdapat Museum Wayang.

Mana nih yang kalau ke Banyumas suka bingung mau berwisata ke mana? Setelah melihat ulasan ini sudah tidak ada kata bingung lagi dong! Ambil ransel dan kenakan sepatumu, lalu siap berpelesir kemana kamu mau. Selamat jalan-jalan!

Tinggalkan Komentar

Scroll to Top