7 Tempat Wisata di Salatiga Terbaik dan Terpopuler

Tempat wisata di Salatiga

Salatiga adalah sebuah daerah yang terletak di antara Kota Semarang dan Solo. Kota ini terkenal dengan hawanya yang sejuk karena berada tak jauh dari Gunung Merbabu. Salatiga juga terkenal dengan kenyamannnya yang membuat banyak orang bermimpi dapat tinggal di kota tersebut.

Dekat dengan perkotaan besar tapi berhawa sejuk membuat Salatiga punya sisi istimewa tersendiri. Bahkan di era kolonial, Salatiga pernah punya julukan De Schoonste Stad van Midden-Java  ( Kota terindah di Jawa Tengah).

Dengan fakta-fakta tersebut membuat Salatiga membuat penasaran untuk disambangi. Jika berencana ke Salatiga, berikut ini tempat wisata di Salatiga yang recommended.

Taman Kota Salatiga

Taman kota Salatiga
Sumber Foto: solopos.com

Taman Kota Salatiga merupakan ruang terbuka hijau yang berada di posisi yang strategis. Lokasinya berada di jalur utama yang menghubungkan Salatiga dengan Semarang dan Magelang.

Tak hanya sajikan hutan kota yang sejuk dan rindang, tempat rekreasi ini juga memiliki banyak hal menarik di dalamnya. Di Taman kota Salatiga terdapat kebun binatang mini dengan aneka koleksi satwa. Satwa yang ada di kebun binatang mini tersebut didominasi oleh reptil dan unggas.

Taman kota yang diresmikan tahun 2016 ini juga memiliki taman bunga. Setiap jenis bunga dan tumbuhan diberi papan nama serta penjelasannya. Jadi wisatawan sekaligus bisa menambah wawasan seputar tumbuhan.

Di bagian tengah taman terdapat danau buatan yang cukup luas. Suasanya sangat rindang karena dikeliling oleh pepohonan tinggi. Di tepiannya tersedia jogging track bagi masyarakat yang ingin berolahraga. Area danau ini menjadi spot paling favorit untuk bersantai.

Agrowisata Sitalang

Agrowisata Sitalang
Sumber Foto: Kompas.com

Agrowisata Sitalang adalah tempat wisata di Salatiga yang menghadirkan suasana khas pedesaan yang menyegarkan. Wisata dapat menikmati pemandangan hamparan luas sawah hijau dengan sungai yang bersih.

Di Agrowisata Sitalang juga cocok dikunjungi bagi para pecinta aktivitas petualangan. Hal itu karena tempat ini menyediakan wahana river tubing dengan trek yang cukup menantang. Wisatawan akan melintasi sungai bersih dengan bebatuan dan beberapa titik jeram.

Panjang treknya kurang lebih 2km dengan durasi river tubing sekitar satu jam. Tak hanya seru, nantinya wisatawan juga dapat melihat panorama sawah hijau di tepian sungai.

Selesai melakukan aktivitas river tubing, selanjutnya bisa bersantai sembari menikmati aneka makanan khas yang dijual di Agrowisata Sitalang. Tersedia pecel, klepon, gorengan dan aneka jajanan tradisional khas desa.

Kopeng Treetop Adventure Park

Kopeng Treetop Adventure Park
Sumber Foto: pinhome.com

Kopeng adalah sebuah daerah wisata lereng Gunung Merbabu yang sudah sangat populer. Kopeng meliputi tiga wilayah yaitu Magelang, Salatiga dan Kabupaten Semarang.

Di Salatiga ada satu wisata Kopeng yang sangat menarik, namanya adalah Kopeng Tretop Adventure Park. Sesuai namanya, tempat ini menyajikan beragam aktivitas petualangan di alam.

Wahana petualangan yang ada di Kopeng Treetop Adventure Park diantaranya adalah Outbond, Zipcoaster, Skiband, TV , Caving serta Team Building.

Wisatawan juga dapat menginap di Kopeng Treetop Adventure Park. Konsep penginapannya sangat unik karena bergaya camping tapi dengan fasilitas ala hotel. Tersedia tiga tipe penginapan yaitu star camp, family camp dan glam camp.

Terakhir di Kopeng Treetop Adventure Park juga menyediakan fasilitas resto dengan pilihan menu tradisional ataupun modern.

Gunung Merbabu

Gunung Merbabu
Sumber Foto: Solopos.com

Selain lewat Boyolali dan Magelang, Gunung Merbabu ternyata juga bisa didaki dari wilayah Salatiga. Di Salatiga ada satu jalur pendakian Gunung Merbabu, yaitu Jalur Cunthel.

Dibandingkan jalur pendakian lainnya, Jalur Cunthel ini tidak terlalu populer. Tapi justru disitulah sensasinya. Jalur ini tidak terlalu ramai namun juga tawarkan pendakian yang maksimal.

Dari jalur Cunthel estimasi perjalanan menuju puncak adalah sekitar 10-11 jam. Lebih lama dari Jalur Selo yang hanya sekitar 8 jam.

Wisata Gunung Merbabu Jalur Cunthel menghadirkan view yang sangat luar biasa indah. Gunung Andong, Telomoyo, Ungaran, Sindoro dan Sumbing bisa terlihat dari jalur ini. Selain itu wisatawan juga bisa melihat pemandangan Rawa Pening dari ketinggian.

Nantinya wisatawan juga akan melewati hamparan bunga eidelweis yang sangat cantik. Taman edelweiss tersebut berada di ketinggian 2.847 mdpl.

Perpustakaan Dan Arsip Daerah Salatiga

Perpustakaan Salatiga
Sumber Foto: Meykkesantoso.com

Salatiga selain sejuk juga dikenal memiliki julukan sebagai kota pendidikan. Salah satu bukti Salatiga sebagai kota pendidikan adalah adanya perpustakaan besar di tengah kota. Perpustakaan dan Arsip Daerah ini bisa menjadi pilihan tempat wisata di Salatiga yang berbeda.

Perpusataakn ini memiliki koleksi yang sangat lengkap. Bahkan Perpustakaan Salatiga menjadi perpustakaan paling banyak dikunjungi dibandingkan perpustakaan kota lain di Jawa tengah.

Wisatawan bisa membaca buku dengan berbagai tema ataupun mempelajari sejarah Salatiga lewat arsip-arsip yang ada di perpustakaan ini.

Taman Tingkir

Taman Tingkir
Sumber Foto: rynari.wordpress.com

Satu lagi ruang terbuka hijau yang dimiliki oleh kota Salatiga. Taman Tingkir adalah taman di tengah kota. lokasinya sangat strategis karena berada di jalur utama yang menghubungkan Solo-Semarang.

Taman ini cocok untuk bersantai menikmati sore di Salatiga. Vegetasinya berupa pepohonan perdu yang membuat suasananya sangat teduh dan rindang.

Fasilitas yang ada di Taman Tingkir terbilang sudah cukup lengkap. Ada bangku taman, area bermain anak, taman bunga, arena olahraga, mushola hingga aneka spot foto menarik. Taman Tingkir juga sangat ramah untuk maun difabel. Tempat ini bisa menjadi pilihan tempat rekreasi yang mudah dan murah.

Desa Wisata Tingkir

Desa Wisata Tingkir
Sumber Foto: idntimes.com

Tak jauh dari Taman Tingkir, ada sebuah desata wisata yang punya daya tarik tersendiri. Dewa Wisata Tingkir menghadirkan suasana desa yang masih bebas polusi. Wilayahnya didominasi oleh hamparan sawah dan perkebunan.

Selain itu jika berkunjung ke desa ini wisatawan bisa melihat beragam pertunjukkan seni tradisonal. Pagelaran seni ini biasa dilangsungkan pada akhir pekan. Wisatawan juga bisa berbelanja produk-produk asli dari penduduk Desa Tingkir. Produknya pun bermacam-macam seperti makanan khas hingga cinderamata.

Sudah tidak asing ya dengan Salatiga? Pasti sudah sering mendengar, ternyata di belakang namanya ternyata Salatiga menyuguhkan banyak tempat wisata sejuk yang pastinya bisa membuat mata dan paru-parumu bahagia. Jalan-jalan ke Salatiga yuk!

Tinggalkan Komentar

Scroll to Top