6 Tempat Wisata Di Semarang Yang Selalu Ngangenin

Tempat wisata di Semarang

Semarang adalah sebuah kota besar di Jawa Tengah, sekaligus merupakan ibukota provinsi. Tempat ini selalu ramai kunjungan orang-orang dari berbagai daerah dengan beragam alasan, salah satunya adalah wisata.

Meskipun sebuah kota modern, Semarang punya nilai historis tinggi. Di beberapa sudut kota Semarang berdiri megah bangunan-bangunan kuno yang cantik. Inilah yang menjadi daya tarik utama wisata kota Semarang.

Kota yang terkenal dengan kuliner Lumpia ini juga punya suasana yang “ngangenin”. Sehingga membuat banyak orang ingin dan ingin lagi berkunjung ke Semarang.

Lalu apa saja tempat wisata di Semarang yang wajib untuk dikunjungi? Ceritanesia akan memberikan ulasannya.

Lawang Sewu

Lawang Sewu
Sumber Foto: Heritage.kai.id

Mendengar kata Lawang Sewu mungkin mayoritas sudah tidak asing lagi. Bangunan besar bekas masa kolonial Belanda ini menjadi salah satu ikon dari Semarang.

Awalnya gedung ini merupakan kantor kereta api di masa pemerintahan Hindia Belanda Nederlands Indische Spoorweg Maatschappij. Diberi nama Lawang Sewu karena keunikan arsitekturnya yang memiliki banyak pintu di dalamnya.

Memiliki luas mencapai 18.232 meter persegi, banyak hal menarik yang dapat dilihat di dalam obyek wisata Lawang Sewu. Wisatawan dapat mempelajati sejarah perjalanan perkereta apian di Indonesia.

Setiap sudut gedungnya juga sangat instagrambale untuk dijadikan spot foto. Lawang Sewu telah mengalami renovasi beberapa kali, tapi tidak meninggalkan struktur asli bangunan.

Lawang Sewu juga identik dengan kesan seram dan pernah dijuluki sebagai salah satu tempat paling angker di Asia. Tapi perlahan kesan tersebut coba dihilangkan dengan kecantikan yang ditawarkan oleh gedung bersejarah ini.

Di tengah-tengah komplek gedung Lawang Sewu terdapat taman yang cantik. setelah lelah berkeliling, wisatawan dapat duduk bersantai sembari menikmati sajian live music. Pertunjukkan live music biasanya ada di akhir pekan.

Klenteng Sam Poo Kong

Klenteng Sam Poo Kong
Sumber Foto: Manusialembah.com

Klenteng Sam Poo Kong adalah tempat yang punya nilai historis tinggi terkait kehadiran suku Tionghoa di nusantara.

Tempat ini merupakan persinggahan Laksaman China pertama yang beragama Islam yaitu Cheng Ho. Klenteng Sam Poo Kong juga merupakan salah satu bangunan klenteng terbesar yang ada di Indonesia.

Arsitektur bangunan klenteng ini sangat cantik dengan warna merah menyala khas negeri tirai bambu. ornamen-ornamen naga juga menghiasi setiap bangunan. Ada juga sentuhan-sentuhan ala Jawa di bentuk bangunannya. Oleh karena itu Klenteng Sam Poo Kong juga menjadi simbol akulturasi budaya China dan Jawa.

Di depan pintu klenteng berdiri patung-patung para prajurit yang terlihat sangat gagah. Yang paling ikonik tentu saja adalah patung besar Laksamana Cheng Ho yang berlapiskan tembaga.

Ketika perayaan imlek Klenteng Sam Poo Kong menjadi tempat yang sangat mengasyikkan. Beragam pertunjukkan menarik khas China digelar dan dapat disaksikan oleh masyarakat umum.

Puri Maerakaca

Puri Maerakaca
Sumber Foto: Alonesia.com

Jika di Jakarta ada Taman Mini Indonesia Indah, semarang punya Puri Maerakaca. Tempat wisata di Semarang ini menyajikan miniatur budaya dan keanekaragam daerah-daerah di Jawa Tengah. Puri Maerakaca juga disebut sebagai “Mini TMII” karena konsepnya yang mirip.

Selain taman budaya, salah satu hal yang sangat khas dari Puri Maerakaca adalah taman mangrove. Wisatawan bisa berkeliling kawasan hutan mangrove dengan melewati jembatan kayu. Suasananya sangat rindang. Meskipun tak jauh dari pusat kota, tempat ini hadirkan nuansa yang teduh dan menyegarkan.

Lalu di tengah-tengah hutan mangrove ada sebuah area perairan yang cukup luas. Wisatawan dapat menikmati aktivitas di area tersebut dengan menggunakan perahu bebek. Puri Merakaca sangat pas jadi tujuan rekreasi bersama keluarga ataupun orang tersayang.

Banyak spot instragrambale yang dijamin bisa memuaskan penggemar aktivitas fotografi.

Pantai Marina

Pantai Marina Semarang
Sumber Foto: Kompas.com

Semarang yang juga mencakup wilayah pesisir utara Jawa Tengah juga punya wisata pantai. Namanya adalah Pantai Marina. Lokasinya hanya sekitar 15 menit saja dari pusat kota Semarang.

Pantai Marina adalah pantai wisata modern yang cocok jadi tempat rekreasi semua kalangan. Di tepian pantainya sudah disulap dengan berbagai fasilitas yang dapat memanjakan pengunjung. Pantai Marina memiliki karakteristik ombak yang tenang layaknya pantai utara Jawa pada umumnya.

Pantai ini menjadi salah satu spot terbaik untuk menikmati sunset di Kota Semarang. Tak hanya itu, di tepi pantai juga tersedia jogging track serta jalur untuk bersepeda.

Jika ingin merasakan sensasi yang lebih lagi di pantai Marina, wisatawan dapat berkeliling area perairan dengan menggunakan perahu. Wisatawan akan diajak berkeliling melewati area mangrove.

Pantai Marina juga dapat dijadikan pilihan wisata malam di Semarang. Warung-warung dan café dengan berbagai menu yang menggoda siap menyambut. Wisatawan bisa merasakan nikmatnya menyantap hidangan ditemani suasana tepi laut yang romantis.

Kota Lama Semarang

Kota Lama Semarang
Sumber Foto: gmaps.com

Belum lengkap ke Semarang jika belum mampir ke Kota Lama Semarang. Ini merupakan pusat kota Semarang di masa kolonial.  Kota Lama Semarang menyajikan deretan bangunan-bangunan tua peninggalan masa pemerintahan Hindia Belanda.

Arsitektur bergaya Eropa sangat kental terasa di tempat ini. Beberapa spot ikonik yang ada di Kota Lama Semarang diantaranya adalah Gereja Bledug, Taman Srigunting, Gedung Oudetrap, De Spiegel, Semarang Art Gallery dan rumah akar.

Wisatawan bisa berkeliling dengan berjalan kaki atau menaiki skuter dan sepeda listrik. Menyusuri setiap sudut Kota Lama Semarang akan memberikan sensasi seperti berpetualang ke masa lalu.

Kampung Pelangi Semarang

Kampung Pelangi
Sumber Foto: Travelwego.com

Pernah dengar wisata Kampung Pelangi yang populer di Malang?. Ternyata di Kota Semarang juga ada obyek wisata sejenis. Kampung Pelangi Semarang terletak di desa Randusari kecamatan Semarang Selatan.

Awalnya tempat ini adalah area pemukiman kumuh di tepian sungai. Tempatnya berada di area pebukitan sehingga rumahnya posisi rumahnya berundak-undak. Warna-warni setiap rumah terlihat sangat cantik dan memanjakan mata.

Wisatawan bisa berkeliling Kampung Pelangi sambil berbincang dengan warga sekitar yang sangat ramah. Setiap sudut di kampung ini menawarkan spot foto yang instagramable.

Semarang memang menyajikan tempat wisata yang tidak pernah habis untuk diexplore. Di antara list di atas ke mana saja yang sudah pernah kamu kunjungi?

Tinggalkan Komentar

Scroll to Top