6 Tempat Wisata Di Solo, Kaya akan Nilai Sejarah

Tempat wisata di Solo

Bicara seputar tempat wisata di Solo, menjadi sebuah hal yang menarik untuk dibalas. Siapa yang tidak kenal kota Solo? Hampir seluruh masyarakat Indonesia pasti tahu kota ini. Kota kecil di Jawa Tengah bagian timur yang merupakan tempat kelahiran Presiden Joko Widodo.

Wilayah Solo tidak terlalu luas dan menjadi kota terkecil ke-13 yang ada di Indonesia. Tapi kota ini punya keistimewaan tersendiri yang menarik kunjungan wisatawan lokal maupun internasional. Kota Solo terkenal dengan kota budaya dan menyimpan sejarah panjang yang menarik.

100% wilayah Solo adalah dataran rendah, sehingga kota ini tidak memiliki obyek wisata alam. Lalu tempat wisata di Solo apa saja yang membuat kota ini istimewa? Ceritanesia akan membahasnya.

Keraton Kasunanan Surakarta Hadiningrat

Keraton Kasunanan
Sumber Foto: Orami.com

Kota Solo identik dengan Keraton Kasunanan Surakarta. Bangunan ini menjadi salah satu magnet pariwisata kota Solo yang paling kuat.

Keraton Kasunanan Surakarta merupakan sejarah terpenting dalam berdirinya kota Solo.  Keraton ini dibangun pada tahun 1743 oleh Pakubuwana II.

Saat ini Keraton Kasunanan Surakarta terbuka untuk umum dan bisa menjadi pilihan wisata jika berkunjung ke kota Solo. Di dalamnya wisatawan bisa melihat benda-benda peninggalan Keraton Surakarta Hadiningrat yang sangat terawat.

Bangunannya sangat luas dan terdiri dari banyak ruang koleksi. Wisatawan dapat melihat dari dekat aneka pusaka, senjata, guci, hingga beberapa peninggalan dari Belanda. Ada juga koleksi kereta kencana yang merupakan alat transportasi Raja di masa lalu.

Setiap koleksi diberi keterangan, sehingga wisatawan akan banyak mendapatkan ilmu baru seputar sejarah Keraton Surakarta Hadiningrat.

Pura Mangkunegaran

Pura Mangkunegaran
Sumber Foto: Kompas.com

Selain Keraton Kasunanan Hadiningrat, satu lagi bangunan yang jadi ikon kota Solo adalah Pura Mangkunegaran.

Mangkunegaran dalam sejarahnya adalah wilayah kadipaten yang posisinya di bawah Keraton Kasunanan Surakarta. Pendirinya adalah Raden Mas Said atau yang juga kerap dijuluki sebagai Pangerang Sambernyawa.

Pura Mangkunegaran saat ini terbuka untuk umum dan jadi tempat wisata. Lokasi Pura Mangkunegaran sangat strategis karena berada di jantung kota Solo.

Dari depan nampak bangunan ini bergaya Joglo yang menjadi khas Jawa Tengah. Tapi ketika masuk ke dalam nuansa Eropa begitu terasa. Di dalam wisatawan bisa melihat aneka koleksi kerajaan Mangkunegaran seperti topeng, kitab, pernak-pernik, peralatan makan, lukisan hingga gamelan.

Pernak-pernik yang ada di Pura Mangkunegaran sebagian besar terbuat dari perak dan emas. Terdapat pula mata uang kuno dan perhiasan berusia ratusan tahun.

Di waktu-waktu tertentu Pura Mangkunegaran juga kerap menampilkan tarian-tarian tradisional dengan musik pengiring gamelan.

Komplek wisata ini sudah sangat tertata rapi. Di area luar terdapat taman yang indah dan asri. Cocok untuk bersantai menikmati sore hari di Kota Solo.

Benteng Vastenburg

Benteng Vastenburg
Sumber Foto: kemenparekraf.go.id

Benteng Vastenburg adalah cagar budaya peninggalan masa kolonial Belanda. Lokasinya tidak jauh dari Keraton Kasunanan Surakarta, hanya sekitar 2km saja.

Di sini wisatawan bisa berkeliling melihat sisa kemegahan Benteng Vastenburg. Meski telah berusia ratusan tahun, tapi struktur bangunan dari benteng ini masih sangat terjaga. Menunjukkan bagaiman kokohnya benteng ini sebagai tempat perlindungan di masa lalu.

Benteng Vastenburg dibangun pada tahun 1745 oleh gubernur jendral Baron Van Imhoff. Area di dalam benteng sangat luas dengan tanah lapang di bagian tengahnya. Area tanah lapang tersebut saat ini banyak dipakai untuk berbagai pertunjukkan.

Salah satu yang terkenal adalah SIPA (Solo International performing Art), sebuah event seni internasional yang digelar setiap tahun di kota Bengawan. Di bagian luar benteng berjejer warung kuliner khas Solo seperti selat, timlo, tengkleng hingga tahu kupat.

Taman Balekambang

Taman Balekambang
Sumber Foto: Wisata.com

Tempat wisata di Solo yang juga sangat populer adalah Taman Balekambang. Ini merupakan taman terbuka hijau yang jadi spot rekreasi favorit masyarakat solo. Tempat ini tidak pernah sepi pengunjung setiap harinya.

Taman Balekambang dibangun pada tahun 1921 oleh K.G.P.A.A. Mangkunagara VII. Taman ini memadukan gaya Jawa dan Eropa.

Di Taman Balekambang wisatawan bisa bersantai sambil menikmati udara segar. Di dalam Taman Balekambang hidup hewan rusa yang berkeliaran bebas. Wisatawan bisa berinteraksi langsung bersama para rusa dengan memberi makan.

Di tengah-tengah area taman terdapat sebuah danau buatan yang asri. Wisatawan bisa memancing atau berkeliling dengan bebek air.

Selain yang telah disebutkan di atas beberapa wahana lain yang ada di Taman Balekambang antara lain adalah taman reptil dan taman kelinci.

Museum Radya Pustaka

Museum Radya Pustaka
Sumber Foto: Travelspromo.com

Solo memang memiliki banyak wisata edukasi sejarah. Selain Keraton Kasunanan dan Pura Mangkunegaran, wisatawan bisa mengujungi Museum Radya Pustaka.

Museum ini berada di lokasinya yang sangat strategis. Letaknya di jantung kota dan bersebelahan dengan kantor walikota.

Museum ini menjadi tempat yang tepat untuk tahu lebih banyak mengenai budaya Indonesia khususnya tanah jawa. Di dalam museum terpajang benda-benda bersejarah seperti gamelan, wayang, serta logam dan keramik berusia ratusan tahun.

Di museum Radya Pustaka juga terdapat ruang perpustakaan. Di dalamnya terdapat koleksi buku dan surat kuno berbahasa Jawa, Indonesia dan Belanda.

Museum Radya Pustaka memiliki bentuk bangunan yang sedikit berbeda dengan museum pada umumnya. Itu karena sebelumnya tempat ini merupakan tempat tinggal warga Belanda di masa kolonial.

Alun-Alun Kidul

Alun Alun Kidul
Sumber Foto: Orami.com

Kota Solo terkenal dengan surganya kuliner. Salah satu tempat untuk menemukan makanan khas Solo adalah Alun-Alun Kidul. Tempat ini masih berada di komplek Keraton Kasunanan Surakarta.

Di Alun-Alun Kidul berjejer penjaja makanan yang menyajikan aneka hidangan khas Solo yang ngangenin. Alun-Alun Kidul bisa menjadi pilihan untuk berwisata malam di kota Bengawan. Di tempat ini wisatawan juga bisa berkeliling dengan skuter, sepeda listrik ataupun becak lampu.

Tempat ini juga kerap kali menggelar acara pasar malam yang menjadikan wisatawan semakin penasaran untuk berkunjung.

Tidak jauh dari Jogja, ada tempat yang bisa menjadi pilihanmu menghabiskan hari libur, yakni Solo. Di atas adalah beberapa pilihan juka kamu ingin menyabangi kotanya presiden Joko Widodo. Silakan dijadwalkan.

Tinggalkan Komentar

Scroll to Top