6 Tempat Wisata di Sragen, Hadirkan Wisata Alam serta Edukasi

Tempat wisata di Sragen

Sragen adalah sebuah daerah di Jawa Tengah yang berada paling ujung timur. Sregan berbatasan langsung dengan Kabupaten Ngawi di privinsi Jawa Timur. Berada 30km di timur kota Solo, Sragen masih menjadi bagian dari wilayah Solo Raya.

Bicara mengenai tempat wisata di Sragen, yang paling terkenal tentu adalah kawasan Sangiran. Itu adalah sebuah wilayah yang telah diakui UNESCO sebagai warisan dunia. Sangiran dipercaya menjadi salah satu pusat kehidupan manusia purba di wilayah Indonesia.

Hal itu membuat Sragen tidak pernah sepi dari kunjungan wisatawan, terutama wisata sejarah.Lalu tempat wisata apa saja yang patut disambangi ketika berkunjung ke Sragen? Ceritanesia akan memberikan rangkumannya.

Museum Sangiran

Museum Sangiran
Sumber Foto: brobali.com

Urutan pertama tempat wisata di Sragen sudah pasti Museum Sangiran. Museum ini berada dekat dengan area situs fosil purbakala yang telah ditetapkan UNESCO sebagai warisan dunia.

Museum Sangiran dibangun sebagai tempat unuk menampung fosil-fosil purbakala yang ditemukan di kawasan Sangiran. Di tempat ini ditemukan fosil manusia purba Homo Erectus dan berbagai binatang purba.

Tercatat ada total 13.806 koleksi fosil yang ada di Museum Sangiran. 2.931 dipajang di ruang pameran, sementara 10.875 terdapat di ruang penyimpanan. Hal itu membuatnya tercatat sebagai museum purba dengan koleksi terbanyak di kawasan Asia.

Ruang pameran di Museum Sangiran terbagi menjadi beberapa bagian. Tiap ruang menyuguhkan koleksi fosil yang tertata rapi dan terawat. Selain itu setiap fosil disertai keterangan dan penjelasan. Jadi banyak hal tentang kehidupan purbakala yang bisa dipelajari di Museum Sangiran.

Museum Sangiran juga masih terbagi menjadi beberapa klaster lagi. Yaitu Klaster Ngebung, Klaster Dayu, Klaster Bukuran, dan Klaster Krikilan. Total Museum Sangiran memiliki luas 56km persegi dan meliputi tiga wilayah kecamatan. Sangat luar biasa bukan?

Ndayu Park

Ndayu Park
Sumber Foto: Kacawisata.com

Ndayu Park merupakan taman hiburan yang tidak jauh dari pusat kota Sragen. Jaraknya hanya sekitar 15 menit dari Alun-Alun Sragen. Taman ini menghadirkan pengalaman wisata yang sangat lengkap. Di dalam Ndayu Park ada waterboom, kebun binatang, fun game, area outbond, agrowisata, restoran hingga penginapan.

Memiliki luas sekitar 5 hektar, tempat ini menawarkan konsep wisata yang menyenangkan sekaligus edukatif. Tak heran jika tempat wisata ini selalu ramai kunjungan wisatawan, terutama di akhir pekan.

Meski memiliki banyak wahana seru, harga tiket di Ndayu Park sangat murah meriah. Biaya tambahan untuk setiap wahana juga terjangkau. Berkisar antara Rp5.000 – Rp.10.000 saja.

Taman Sukowati

Taman Sukowati
Sumber Foto: Nativeindonesia.com

Taman Sukowati merupakan taman terbuka hijau di pusat kota Sragen. Taman ini jadi tempat favorit untuk melepas penat yang murah dan tidak jauh dari pusat kota.

Suasana di tempat ini sangat teduh sehingga membuat siapa saja akan betah berlama-lama. Di taman ini menyajikan keindahan hutan kota dan taman bunga yang cukup luas. Tak hanya itu, tempat ini juga menyajikan sejumlah fasilitas menarik lainnya mulai dari taman bermain anak, jogging track, bangku taman, dan masih banyak lagi.

Yang juga menjadi ciri khas dari Taman Sukowati adalah adanya danau buatan di area tengah taman. Danau tersebut biasa dimanfaatkan untuk memancing ikan. Selain itu wisatawan juga bisa sekedar bersantai di tepiannya.

Wisata New Kemukus

New Kemukus
Sumber Foto: Jawapos.com

Sragen punya tempat yang sangat ikonik yaitu Gunung Kemukus. Tapi tempat ini justru dikenal dari sisi buruknya karena terkenal menjadi tempat ritual dengan cara yang menyimpang.

Untuk merubah stigma negatif tersebut, Gunung Kemukus kini bersolek dan dikembangkan menjadi tempat wisata di Sragen yang bertema alam. Tempat tersebut kini diberi nama New Kemukus.

Di New Kemukus banyak hal menarik mulai dari pusat kuliner, play ground hingga gazebo. Wisatawan bisa menikmati aneka kuliner khas sembari ditemani keindahan alam Gunung Kemukus.

Tak sampai disitu saja, di New Kemukus juga hadirkan wisata Promenade. Wisatawan akan disajikan suasana malam hari di New Kemukus dengan ratusan sinar lampu yang menciptakan nuansa romantis.

Dengan beragam hal yang ditawarkan, membuat tempat ini jadi destinasi yang pas untuk bersantai dan menghabiskan waktu bersama orang-orang tersayang.

Pemandian Air Panas Bayanan

Pemandian air panas Bayanan
Sumber Foto: nativeindonesia.com

Meski bukan daerah yang berada di area pegunungan, ternyata Sragen juga memiliki obyek wisata pemandian air panas. Namanya adalah Pemandian Air Panas Bayanan. Lokasinya berada di ujung selatan Sragen dan berbatasan dengan kecamatan Jenawi di Karanganyar. Berjarak sekitar 35km dari pusat kota Sragen.

Pemandian Air Panas Bayanan dipercaya memiliki banyak khasiat karena kandungan belerangnya yang tinggi. Tak heran jika tempat ini tak pernah sepi dari kunjungan wisatawan.

Kolam air panas di tempat ini cocok sekali jadi tempat berendam setelah lelah menjalani aktivitas. Tempatnya juga sangat asri karena dikelilingi oleh barisan pepohonan.

Tak hanya kolam air panas, Tempat wisata di Sragen ini sangat ramah untuk segala umur. Tersedia kolam anak, area bermain, taman bunga hingga spot foto menarik.

Desa Wisata Betisrejo

Desa Wisata Betisrejo
Sumber Foto: wisataindonesia.com

Bagi yang ini merasakan suasana desa dengan hamparan sawah terasering, tidak perlu jauh-jauh ke Ubud Bali. Di Sragen ternyata juga ada desa wisata yang memiliki konsep wisata yang serupa. Desa Wisata Betisrejo menjadi daya tarik wisata baru di Bumi Sukowati.

Tempat ini sangat pas jadi pelarian sejenak dari riuhanya kehidupan perkotaan. Wisatawan bisa bermalam karena sudah ada area camping bernama Bumi Perkemahan Kyai Srenggi. Di tempat tersebut akan bisa merasakan sensasi kehidupan ala desa yang berbaur dengan alam.

Desa Betisrejo juga telah dilengkapi dengan wisata pendukung lainnya. Diantaranya adalah Waduk  Gebyar, Taman Margasatwa Tunggangan, serta area outbond dan agrowisata.

Itulah rekomendasi dari ceritanesia untuk tempat wisata di daerah Sragen. Yang mau liburan ke Sragen semoga tulisan ini bisa bermanfaat ya. Selamat liburan!

Tinggalkan Komentar

Scroll to Top