6 Tempat Wisata di Temanggung, Tak Kalah Indah Dari Wonosobo

Tempat wisata di Temanggung

Temanggung adalah sebuah kabupetan yang berada di tengah-tengah provinsi Jawa Tengah. Temanggung menjadi salah satu kota wisata favorit, terutama wisata alam. Topografi kota yang terkenal dengan kuliner nasi urap ini didominasi oleh dataran tinggi. Sebab wilayah Temanggung diapit oleh dua gunung besar di Jawa Tengah yaitu Sindoro dan Sumbing.

Selain itu Temanggung juga berbatasan dengan kota-kota wisata lainnya yaitu Wonosobo dan Magelang. Hal itu secara tidak langsung membuat nama Temanggung ikut mencuat sebagai daerah wisata. Kota yang dijuluki kota Tembakau ini menyajikan lanskap alam yang luar biasa. Mulai dari pegunungan, persawahan hingga perbukitan semuanya ada di Temanggung.

Berikut ini akan disajikan rekomendasi tempat wisata di Temanggung yang bisa masuk ke dalam bucket list perjalananmu.

Wisata Alam Posong

Wisata Alam Posong
Sumber Foto: Travelspromo.com

Wisata Alam Posong menjadi obyek wisata andalan baru di kota tembakau. Wisata Alam Posong berada di lereng Gunung Sindoro dengan ketinggian 1.400 mdpl. Maka tak mengherankan jika obyek wisata ini menyajikan suhu udara yang dingin. Rata-rata suhu udara di Wisata Alam Posong adalah 19-20 derajat celcius.

Dari tempat ini puncak Gunung Sindoro akan terlihat dengan sangat jelas. Apabila cuaca cerah akan terlihat juga tujuh gunung di Jawa Tengah yaitu Sumbing, Merbabu Merapi, Ungaran, Muria, Andong dan Telomoyo.

Tak hanya itu, Wisata Alam Posong juga menjadi salah satu spot terbaik menikmati momen sunrise di Temanggung.

Tempat wisata ini sudah terkelola dengan sangat baik. Wisata Alam Posong menyajikan fasilitas yang sangat lengkap. Ada café, area outbond, gardu pandang, taman bunga, camp area, hingga penginapan.

Embung Kledung

Embung Kledung
Sumber Foto: Kissparry.com

Embung Kledung adalah sebuah waduk buatan yang difungsikan sebagai sarana penampung air untuk irigasi lahan pertanian sekitar. Embung ini dibangun pada tahun 2010.

Tapi seiring berjalannya waktu Embung Kledung juga menjadi salah satu tempat wisata favorit yang ada di Temanggung.

Tempat ini menyajikan panorama alam yang luar biasa. Embung Kledung berada di antara Gunung Sumbing dan Sindoro. Sehingga tempat ini menjadi spot terbaik untuk menyaksikan keindahan dua gunung kembar tersebut.

Suasana di sekitarnya juga sangat menyegarkan. Itu karena Embung Kledung dikelilingi oleh sawah, perkebunan dan pepohonan cemara.

Saat ini Embung Kledung juga dilengkapi dengan berbagai fasilitas pendukung lain seperti spot foto dan area berkemah. Obyek wisata ini sangat cocok jadi tempat berkemah karena sajikan pesona sunrise yang sangat indah.

Bukit Sikendil

Bukit Sikendil
Sumber Foto: Kompas.com

Tempat wisata di Temanggung berikut ini dijamin sangat menggoda bagi penggemar aktivitas petualangan. Bukit Sikendil merupakan bukit yang berada tepat di sebelah utara Gunung Sindoro. Bukit ini menjadi alternatif wisata pendakian bagi para pemula.

Bukit Sikendil memiliki ketinggian 1.800 mdpl. Tidak dibutuhkan waktu terlalu lama untuk mencapai puncak dari Bukit Sikendil. Pendakian akan dimulai dari basecamp Sibajag yang berada di desa Sibajag kecamatan Candiroto.

Estimasi pendakian sekitar satu jam untuk mencapai puncak. selain itu jalurnya pun sudah sangat tertata dengan rapi. Dari puncak Bukit Sikendil wisatawan bisa melihat pesona Gunung Sindoro dengan sangat jelas.

Yang membuat Buki Sikendil sangat istimewa adalah momen ketika sunrise. Lautan awan yang berpadu dengan empat gunung besar di Jawa Tengah menjadi momen “mahal” yang sayang untuk dilewatkan.

Bukit Botorono

Bukit Botorono
Sumber Foto: travelandworld.com

Obyek wisata alam Bukit Botorono bisa menjadi alternatif untuk menikmati pesona Temanggung dari ketinggian. Tempat wisata ini lokasinya sangat strategis, karena tidak jauh dari jalur provinsi yang menghubungkan Temanggun dan Wonosobo.

Bukit Botorono berada tidak jauh dari basecamp pendakian Sindoro via Kledung. Memiliki ketinggian kurang lebih 1.300 mdpl. Tempat ini menyediakan tempat duduk dan aneka spot foto di puncaknya. Udaranya juga sangat sejuk yang membuat wisatawan akan betah untuk berlama-lama.

Dari Bukit Botorono, pesona Gunung Sindoro dan Sumbing juga akan bisa terlihat secara jelas. Untuk mencapai puncak bukit wisatawan bisa berjalan kaki ataupun memanfaatkan jasa ojek yang tersedia.

Candi Pringapus

Candi Pringapus
Sumber Foto: Gmaps.com

Tak hanya alam, tempat wisata di Temanggung ternyata juga menyajikan situs sejarah yang menarik. Namanya adalah Candi Pringapus yang berada di Desa Pringapus, Kecamatan Candirejo. Situs sejarah peninggalan Dinasti Syalendra ini berada 22 km dari pusat kota Temanggung.

Dalam catatan sejarah Candi Pringapus disebut sebagai replika Mahameru, puncak tertinggi di Jawa yang dipercaya sebagai tempat tinggal para dewa.

Candi Pringapus diperkirakan dibangun pada tahun 850 masehi dan sempat dilakukan restorasi tahun 1932. Struktur bangunannya masih sangat kokoh dan relief juga daapt terlihat dengan jelas.

Di sekitarnya sudah ada taman yang membuat tempat ini terasa sangat asri. Candi Pringapus bisa menjadi alternatif wisata yang menarik di Temanggung.

Curug Surodipo

Curug Surodipo
Sumber Foto: Ardiankusuma.blogspot.com

Curug Surodipo juga menjadi tempat wisata di Temanggung yang tidak boleh terlewatkan. Air terjun ini juga sering disebut dengan nama Curug Trocoh.

Air terjun ini berada di sebuah kawasan perbukitan dengan ketinggian 1.200mdpl. Curug Surodipo terdiri dari lima tingkatan dengan total ketinggian 120 meter. Obyek wisata ini masih sangat alami. Wisatawan harus trekking menyusuri hutan untuk mencapai air terjun. Meski jalur trekkingnya cukup panjang dan melelahkan, semuanya akan terbayar lunas dengan keindahannnya.

Sebagian besar wisatawan hanya mengunjungi air terjun di tingkatan pertama. Sebab untuk tingkatan lain jalurnya belum dikelola dan cukup ekstrem.

Curug Surodipo juga kerap kali menjadi tempat untuk camping. Karena ketika pagi, pesona sunrise dari tempat ini sangat indah. Lautan awan juga dapat terlihat dari Curug Surodiporo di kala pagi.

Lihat foto-foto dari rekomendasi di atas saja sudah menyegarkan mata ya. Apalagi kalau kita menyambagi Temanggung, pasti rasanya sejuk dan udaranya bersih. Jauh dari polusi dan bising kota. Ke Temanggung yuk!

Tinggalkan Komentar

Scroll to Top